Hari Anti Korupsi Sedunia 2021: Sejarah-Tema Tahun Ini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 06 Des 2021 13:50 WIB
Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 diperingati tanggal 9 Desember. Bagaimana sejarah hingga tema tahun ini?
Hari Anti Korupsi Sedunia 2021: Sejarah-Tema Tahun Ini - ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 diperingati setiap tanggal 9 Desember. Peringatan ini dibuat untuk menyoroti hak dan tanggung jawab pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, hingga publik dalam menanggulangi korupsi.

Diperingatinya Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 berangkat dari fenomena sosial, politik dan ekonomi yang mempengaruhi negara di dunia. Selain merusak demokrasi, korupsi memperlambat pembangunan ekonomi dan berkontribusi pada ketidakstabilan pemerintah.

Di sisi lain, korupsi pun menyerang lembaga-lembaga demokrasi dengan mendistorsi proses pemilu, memutarbalikkan supremasi hukum, serta menciptakan birokrasi suap. Ironisnya, korupsi juga menghambat pembangunan ekonomi. Inilah sebab Hari Anti Korupsi Sedunia masih diperingati.

Lantas, seperti apa serba-serbi Hari Anti Korupsi Sedunia 2021? Mari simak rangkuman di bawah ini.

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021: Begini Awal Mula Sejarahnya

Melansir situs United Nations, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia mempunyai perjalanan yang cukup panjang. Tanggal 31 Oktober 2003 lalu, Majelis Umum mengadopsi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menentang korupsi. Majelis Umum juga meminta Sekretaris Jendal menunjuk kantor PBB sebagai sekretariat konferensi sekaligus kantor yang menanggulangi narkoba dan kejahatan (Nations Office on Drugs and Crime).

Majelis Umum PBB juga menetapkan 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap korupsi dan peran konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Untuk diketahui, Hari Anti Korupsi Sedunia mulai ditetapkan sejak Desember 2005.

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021: Kampanye-Tema yang Diangkat

Kampanye Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 berlangsung selama enam minggu. Kampanye ini dimulai pada awal November, bertujuan untuk menyoroti peran pemangku kepentingan dan individu dalam mencegah sekaligus melawan korupsi.

Tahun ini Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 mengusung tema "Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak Pada Korupsi". Setiap minggunya, kampanye tahun ini fokus pada salah satu topik permasalahan. Adapun topik permasalahan yang dibahas pada Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 yakni:

  1. Pendidikan dan pemuda
  2. Olahraga
  3. Gender
  4. Sektor swasta
  5. COVID-19
  6. Kerjasama internasional

Kampanye Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 bertujuan untuk berbagi praktek, memberi contoh pencegahan serta pemberantasan korupsi di seluruh dunia. Dalam pelaksanaannya, hal ini dilakukan melalui penguatan kerja sama internasional melawan korupsi, menangani keterkaitan dengan bentuk kejahatan lain, memungkinkan pemulihan dan pengembalian aset yang dirampas, mengembangkan solusi inovatif, memajukan pencegahan melalui pendidikan, memanfaatkan keterlibatan pemuda, serta mobilisasi sekutu dalam masyarakat sipil, akademisi dan sektor swasta.

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 juga dikenal sebagai UNGASS. Informasinya dapat disimak di halaman berikutnya.