Hari Armada Republik Indonesia 5 Desember, Ini Sejarahnya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 11:55 WIB
Hari Armada Indonesia kembali diperingati oleh TNI AL pada tanggal 5 Desember 2021.
Hari Armada Indonesia 5 Desember, Ini Sejarahnya -- ilustrasi (Foto: Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Hari Armada Republik Indonesia kembali diperingati oleh TNI AL pada tanggal 5 Desember 2021. Peringatan Hari Armada Indonesia 2021 memasuki usia ke-76 tahun.

Hari Armada Indonesia diperingati sebagai bentuk memperkuat persatuan TNI AL. Lalu, bagaimana sejarah lahirnya Hari Armada Indonesia? Simak informasinya di bawah ini.

Hari Armada Republik Indonesia: Berawal dari Periode Perang Kemerdekaan Indonesia

Hari Armada RI punya nilai sejarah sehingga menjadi momentum penting setiap tahunnya. Melansir dari situs Kominfo Jatim, saat periode perang kemerdekaan Indonesia, kekuatan armada bangsa saat itu masih berupa kapal kayu serta perahu dan persenjataan yang masih sederhana.

Hari Armada Republik Indonesia: Keberhasilan TNI AL dalam Operasi Laut

Saat berusaha mempertahankan kemerdekaan negara, Armada Rl berhasil menyelesaikan berbagai operasi di laut, di antaranya:

  • Keberhasilan Armada RI dalam misi penerobosan blokade laut Belanda.
  • Ekspedisi lintas laut dalam rangka pengiriman pejuang kemerdekaan untuk berjuang di berbagai daerah luar Pulau Jawa.

Hari Armada Republik Indonesia: Pengukuhan Komando Armada RI

Sejak pengakuan kedaulatan NKRI, Armada RI mulai menambah kekuatannya dengan menerima bantuan dari negara lain. Mereka mendapat bantuan berupa penyerahan kapal dari Belanda dan bantuan lain dari berbagai negara.

Adanya sarana yang mendukung, Armada Rl berperan dalam penumpasan berbagai pemberontakan di tanah air, seperti pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta. Berdasarkan Surat Keputusan Kasal No A 4/2/10 tanggal 14 September 1959, kekuatan laut sebagai suatu Armada dikukuhkan menjadi Komando Armada RI yang diresmikan tanggal 5 Desember 1959.

Penetapan Hari Armada Republik Indonesia

Komando Armada RI yang terbentuk pada 5 Desember 1959 menjadi semakin kuat dari tahun ke tahun. Berdasarkan Surat Keputusan Panglima ABRl Nomor : Kep. 171/III/1985 tanggal 30 Maret 1985, Armada RI dibagi menjadi dua kawasan wilayah kerja, yaitu Armada RI Kawasan Barat dan Armada RI Kawasan Timur.

Kemudian, berdasarkan Surat Keputusan Kasal No. Skep/ 4033/Xl/1987/ tanggal 17 Nopember 1987, hari lahir Armada Rl yang jatuh pada tanggal 5 Desember, ditetapkan sebagai Hari Armada Indonesia.

Selanjutnya, simak informasi lainnya terkait peringatan Hari Armada Republik Indonesia di halaman berikutnya.