Polri Tepis Tolak Laporan Novia Terkait Bripda Randy: Tidak Ada Pengaduan

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 06 Des 2021 11:30 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Komnas HAM menyebut ada dugaan polisi pernah menolak aduan Novia Widyasari (23) terkait Bripda Randy Bagus. Polri menepis kepolisian setempat pernah menolak laporan atau aduan Novia yang baru-baru ini viral karena tewas menenggak racun.

"Tidak ada laporan atau pengaduan ke Propam, baik di Polres maupun di Polda," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Senin (6/12/2021).

Ramadhan kembali menekankan Novia tidak pernah membuat laporan terhadap Bripda Randy. Menurutnya, tidak ada laporan atau aduan terhadap Bripda Randy.

"Iya begitu (Novia tidak pernah membuat laporan)," ucapnya.

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan justru Polri yang aktif menelusuri kasus viral ini. Hal tersebut, kata Ramadhan, dibuktikan dengan gerak cepat kepolisian yang langsung menindak Bripda Randy.

"Justru Polri yang aktif menelusuri kasus tersebut dan dengan cepat dan tegas memberikan tindakan terhadap anggota yang melakukan pelanggaran," imbuh Ramadhan.

Sebelumnya, Komnas HAM menyoroti kasus tewasnya Novia Widyasari (23) menenggak racun yang melibatkan Bripda Randy Bagus. Komnas HAM meminta Polri mengungkap kasus hingga tuntas.

"Polisi harus mengungkap tuntas kasus ini. Pelaku dan semua pihak yang ikut terlibat harus dimintai pertanggungjawaban," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kepada wartawan, Minggu (5/12).

Beka mengatakan, selain Bripda Randy Bagus, polisi perlu mendalami dugaan penolakan aduan Novia. Bila terbukti bersalah dalam penolakan, perlu adanya sanksi.

"Demikian juga jajaran kepolisian/propam yang menolak pengaduan almarhumah Novia terkait tindakan yang dilakukan Randy. Harus didalami mengapa pengaduan almarhumah Novia ditolak dan kalau terbukti bersalah harus diberi sanksi," tuturnya.

Novia nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun. Nama Bripda Randy Bagus kemudian menjadi perbincangan hangat di medsos karena disebut-sebut menjadi penyebab Novia Widyasari bunuh diri.

Bripda Randy Bagus sendiri akhirnya ditetapkan sebagai tersangka terkait aborsi yang dilakukan bersama mantan kekasihnya, NWS (23), yang tewas setelah menenggak racun. Anggota Polres Pasuruan itu kini menjalani penahanan di rutan Polda Jatim.

Simak Video 'Bripda Rendy Dipecat-Ditetapkan Sebagai Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/hri)