Mahfud Md Singgung Ucapan Bung Hatta soal Korupsi Sudah Jadi Budaya

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 06 Des 2021 11:19 WIB
Jakarta -

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyinggung pernyataan Bung Hatta soal 'korupsi sudah menjadi budaya'. Namun, menurut Mahfud, korupsi tidak bisa menjadi budaya Indonesia.

Awalnya Mahfud, yang berbicara dalam kegiatan Diskusi Panel Mewujudkan Sinergi Antar-Aparat Penegak Hukum dan Instansi Terkait, yang digelar KPK, menyoroti soal tema yang diusung, yaitu 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. Tema itu diusung KPK dalam peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia atau Hakordia 2021.

"Temanya di sini 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. Budaya antikorupsi ini penting karena kita di Indonesia pernah mendengar dan bisa membuka lagi tulisan Bung Hatta tahun 1974 yang mengatakan bahwa di Indonesia ini korupsi sudah jadi budaya," kata Mahfud mengawali pemaparannya seperti dilihat melalui kanal YouTube KPK RI, Senin (6/12/2021).

Mahfud merasa ucapan Bung Hatta soal 'korupsi sudah jadi budaya' itu sebagai bentuk kekecewaannya terhadap situasi saat itu. Sebab, bagi Mahfud, korupsi tidak bisa menjadi budaya.

"Wah ini, Bung Hatta lho yang bilang, 'di Indonesia ini korupsi ini sudah jadi budaya'. Karena yang mengatakan itu Pak Hatta, Wakil Presiden Republik Indonesia yang jelas-jelas sangat antikorupsi, sangat bersih, sangat jujur, penuh dedikasi terhadap bangsa ini, tapi beliau pernah mengatakan di Indonesia korupsi itu sudah jadi budaya," ucap Mahfud.

"Nah Saudara, saya ingin mengatakan bahwa korupsi itu bukan budaya, tidak mungkin kita percaya dan menghayati bahwa korupsi itu budaya," imbuh Mahfud.

Setelah itu, Mahfud menyebutkan ucapan Bung Hatta itu sebagai pengingat agar korupsi tidak menjadi budaya. Di sisi lain, Mahfud mengatakan korupsi adalah kejahatan, bukan budaya.

"Bagi saya, pernyataan Pak Hatta itu pernyataan yang mungkin untuk mengingatkan kita jangan sampai menjadi budaya. Mungkin Pak Hatta melihat korupsi sudah merajalela di mana-mana lalu beliau putus asa korupsi sudah jadi budaya," kata Mahfud.

"Tapi dari sudut ilmu, korupsi itu tidak boleh menjadi budaya dan tidak bisa menjadi budaya Indonesia karena saudara orang Indonesia itu punya budaya adiluhung, adiluhung itu budaya unggul yang antikorupsi, bahwa ada korupsi di Indonesia dan agak banyak, itu kejahatan, harus dipandang sebagai kejahatan, bukan budaya," imbuhnya.

(dhn/tor)