Hari Penerbangan Sipil Internasional 7 Desember, Ini Serba-serbi Informasinya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Senin, 06 Des 2021 10:47 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Hari Penerbangan Sipil Internasional 7 Desember, Ini Serba-serbi Informasinya -- ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Jakarta -

Hari Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Day jatuh setiap tanggal 7 Desember. Tujuan dari Hari Penerbangan Sipil Internasional ini adalah untuk membantu membangkitkan dan memperkuat kesadaran di seluruh dunia akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi perkembangan sosial dan ekonomi negara.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) juga berperan besar dalam Hari Penerbangan Sipil Internasional ini. ICAO berperan dalam membantu negara-negara untuk bekerja sama dan mewujudkan jaringan angkutan cepat global yang sesungguhnya untuk melayani seluruh umat manusia.

Simak informasi mengenai Hari Penerbangan Sipil Internasional yang sudah kami rangkum berikut ini.

Awal Mula Hari Penerbangan Sipil Internasional

Melansir dari situs resmi PBB, peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional berawal dari tahun 1944 saat delegasi dari 54 negara berkumpul di Grand Ballroom Hotel Stevens di Chicago atas undangan Amerika Serikat (AS). Pada acara ini, para peserta menyimpulkan dan menandatangani Konvensi Penerbangan Sipil Internasional, juga dikenal lebih populer sebagai 'Konvensi Chicago' yang merupakan perjanjian internasional yang mengizinkan sistem penerbangan sipil global untuk berkembang.

Hari Penerbangan Sipil Internasional ini pertama dicetuskan pada tahun 1994 sebagai bagian dari kegiatan peringatan 50 tahun ICAO. Lalu, pada tahun 1996, berdasarkan inisiatif ICAO dan dengan bantuan Pemerintah Kanada, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi menetapkan 7 Desember sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional dalam sistem PBB.

Selanjutnya, Majelis Umum PBB mendesak pemerintah serta organisasi nasional, regional, internasional dan antar pemerintah yang relevan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional. Sejak saat itu Hari Penerbangan Sipil Internasional diperingati pada tanggal 7 Desember tiap tahunnya.

Tema Hari Penerbangan Sipil Internasional Tahun Ini

Melansir dari situs PBB, setiap lima tahun sekali, bertepatan dengan peringatan ICAO, Dewan ICAO menetapkan tema peringatan khusus untuk Hari Penerbangan Sipil Internasional. Di antara tahun-tahun peringatan ini, perwakilan Dewan memilih satu tema untuk periode intervensi empat tahun penuh.

Tema Hari Penerbangan Sipil Internasional tahun ini adalah "Memajukan Inovasi untuk Pengembangan Penerbangan Global". Tema ini dipakai dalam peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional dari tahun 2020 sampai tahun 2023 mendatang.

Dalam peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional, Sekjen PBB Antonio Guterres juga menyampaikan pesan penting. Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Melihat Kemeriahan Atraksi Udara di Dubai Air Show':

[Gambas:Video 20detik]