KPK Beri Penghargaan ke Pelapor Gratifikasi: Ada Kades hingga Dirut BUMD

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 06 Des 2021 10:43 WIB
KPK Beri Penghargaan ke Pelapor Gratifikasi
Foto: KPK Beri Penghargaan ke Pelapor Gratifikasi (tangkapan layar)
Jakarta -

KPK memberikan penghargaan kepada sejumlah pelapor gratifikasi. Para sosok itu ada yang menjabat sebagai kepala desa hingga seorang direktur utama dari badan usaha milik daerah atau BUMD.

"Tidak mudah bapak ibu sekalian untuk menolak gratifikasi, bahkan melaporkan gratifikasi," ucap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam acara Penghargaan Pengendalian Gratifikasi 2021 yang disiarkan langsung dalam kanal YouTube KPK RI, Senin (6/12/2021).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia atau Hakordia 2021. Ada 4 kategori penghargaan yang diberikan yaitu kategori pelapor gratifikasi inspiratif, kategori insan UPG atau Unit Pengendali Gratifikasi, kategori Jaga Data Challenge, dan Jaga Maskot Challenge.

Alexander sempat menceritakan mengenai dekatnya urusan gratifikasi dengan para penyelenggara negara. Alexander mencontohkan adanya seorang aparatur sipil negara atau ASN yang sering melakukan transaksi secara tunai.

"Banyak sekali yang kami temui ketika kami melakukan klarifikasi atau melihat LHKPN, ternyata di rekeningnya banyak sekali transaksi yang sifatnya tunai. Rutin setiap bulan dia menyetor uang secara tunai. Ini kan menjadi kecurigaan," ucap Alexander.

Ketika diklarifikasi KPK, ASN itu disebut Alexander mengaku bila uang yang diterimanya adalah gratifikasi. Pada akhirnya ASN itu diserahkan ke atasannya untuk mendapatkan sanksi.

"Harus ada sanksi dong. Kan dia mengakui gratifikasi setelah kita klarifikasi, bukan atas kesadaran sendiri," imbuh Alexander.

Alexander lantas menyampaikan para pemenang penghargaan gratifikasi sesuai kategori masing-masing. Berikut datanya:

Simak Video 'Survei Indikator: TNI Paling Dipercaya Publik, KPK di Posisi ke-5':

[Gambas:Video 20detik]