Pilu Banjir Rob di Utara Jakarta 'Menyeberang' hingga Kepulauan Seribu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Des 2021 05:00 WIB
Genangan air sisa banjir rob di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakut.
Foto: ilustrasi banjir rob (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Banjir rob kembali terjadi di wilayah Utara Jakarta. Kali ini banjir meluas 'menyeberang' hingga Kepulauan Seribu.

Diketahui banjir rob kembali mengenangi Kelurahan Pluit Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara pada Minggu (5/12) pagi. Lurah Pluit Helwin Ginting menyebut air rob naik sekitar pukul 08.30 WIB.

Dia mengatakan pihaknya telah memantau Jl Dermaga Ujung sejak pukul 08.00 WIB. Air disebut terus berangsur masuk pukul 8.30 WIB.

"Air untuk di Kelurahan Pluit RW 22 ini mulai masuknya tadi itu jam 08.30-an. Kami udah di lokasi jam 08.00 belum ada. Mulai 08.30 berangsur masuk airnya," sebut Helwin Ginting saat ditemui di salah satu titik banjir rob di kelurahan Pluit, Minggu (5/12/2021).

Helwin mengatakan genangan rob di kawasan Muara Angke ini tidak dapat dikendalikan.

"Tapi kan ini nggak bisa dikendalikan karena rob. Jadi nggak ada penahanan, kita ikutkan saja aliran," jelasnya.

Dia menambahkan pihaknya telah membersihkan saluran-saluran yang tersumbat sampah untuk mencegah banjir rob. Jadi aliran air ke saluran pompa Muara Angke dapat berjalan lancar.

"Tadi teman-teman PPSU yang membersihkan sisa-sisa sampah kemarin dibersihkan semua. Supaya nanti masuknya ke pompa itu tidak terhambat. Jadi untuk banjir dan dari hujan ataupun dia itu dari rob, itu semua disalurkan ke pompa Muara Angke," ujarnya.

Tinggi air rob disebut sekitar 15 cm. Dia mengatakan, sejak pukul 12.00 WIB, genangan tersebut berangsur surut.

"Untuk hari ini yang paling tinggi tadi di 10 ke 15 cm. Di 15 cm bertahan itu tadi di jam 12 siang, habis itu stuck beberapa lama kurang-lebih 15-20 menit, habis itu mulai surut," tambah Helwin.

Pantauan detikcom pada pukul 13.15 WIB, Minggu (5/12), rob menggenangi jalan di depan Sekretariat RW 022, Jl Dermaga Ujung. Genangan itu pun kemudian berangsur surut dan hingga pukul 15.15 WIB tak tampak lagi rob menggenangi jalan tersebut.

Simak Video 'Banjir Rob Masih Genangi Pademangan Jakarta Utara':

[Gambas:Video 20detik]