Polres Jakbar Sita Setengah Ton Ganja Siap Edar!

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 10:50 WIB
Ganja siap edar. Foto dokumen dari Polres Jakbar
Karung berisi ganja siap edar yang disita polisi (Foto: dok istimewa)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Barat menyita 534 kg atau lebih dari setengah ton ganja kering siap edar. Polisi menyebut ganja siap edar itu didapat dari komplotan pengedar narkoba lintas Sumatera.

"Hasil pengungkapan tersebut merupakan hasil tangkapan pengembangan dari kasus sebelumnya di bulan September 2021 lintas Jawa-Sumatera," ujar Kasie Humas Polres Metro Jakarta Barat AKP Moch Taufik Iksan dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Pengungkapan ganja ratusan kilogram tersebut merupakan hasil dari pengembangan kasus beberapa bulan sebelumnya. Tim Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat melakukan pengembangan di Jalan Raya Trans Sumatera, Bukit Tinggi Maga Lembang Soik Marapi, Mandailing Natal, Sumatera Utara.

"Di lokasi tersebut berhasil mengamankan sebanyak 12 karung besar berisi narkotika jenis ganja kering siap dikirimkan ke Pulau Jawa dengan total bruto 254 kg, tapi sudah dikemas dalam paketan berat 1 kilogram," kata Taufik.

Selain itu, polisi juga menangkap 5 pelaku berinisial S (45), N (31), SP (56), M (56), dan K (51). Dari kelima pelaku, dua di antaranya berinisial S dan N positif menggunakan narkoba saat dilakukan cek urine sedangkan tiga lainnya tidak positif menggunakan narkoba.

"Dari 5 orang tersangka yang diamankan, dua orang sebagai penanggung jawab sekaligus bandar narkoba dan tiga orang lainnya adalah kuli panggul membawa barang dari ladang ke TKP yaitu tempat pengepul di Mandailing Natal," tegas dia.

Mereka dikenakan Pasal 114 Ayat (2) Sub Pasal 111 ayat (2) Junto Pasal 132 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Diberitakan sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat beberapa waktu lalu mengamankan sebuah truk yang mengangkut ganja asal Sumatera. Hasil pemeriksaan didapati truk tersebut mengangkut 279 kilogram ganja.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pengungkapan kasus tersebut merupakan pengembangan dari temuan kasus sebelumnya. Tim Satuan Narkoba Polres Jakbar kemudian melakukan penelusuran.

"Ini pengembangan kasus, pengungkapan di daerah Palmerah sebulan lalu, kemudian hasil pengembangan ini berhasil mengetahui akan ada pengiriman barang haram dari Sumatera ke Jakarta dan Jabar Bandung. Sekitar 279 kilogram ganja, yang memang ini lintas provinsi," kata Yusri saat jumpa pers di Polres Jakbar, Rabu (6/10/2021).

Simak juga 'Detik-detik Penangkapan 2 Pengedar Ganja di Kendari':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/dhn)