Aksi Warga Karo Kirim 1 Truk Jeruk ke Jokowi demi Jalan Diperbaiki

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 07:50 WIB
Warga dari Karo mengirim jeruk 1 truk ke Presiden Jokowi  (Ahmad Arfah-detikcom)
Warga dari Karo mengirim jeruk 1 truk ke Presiden Jokowi. (Ahmad Arfah/detikcom)
Jakarta -

Jalan enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), rusak. Agar jalan rusak diperbaiki, warga mengirim satu truk berisi jeruk untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Truk pengangkut jeruk dilepas untuk berangkat dari Simpang Pos, Medan, ke Jakarta, Jumat (3/12), oleh tokoh masyarakat Karo di Kota Medan. Tokoh masyarakat Liang Melas Datas, Setia Sembiring, menjelaskan maksud warga mengirim jeruk ke Jokowi.

"Kami mau ngantar oleh-oleh sama bapak Presiden kita Joko Widodo, kami dari Liang Melas Datas. Jadi itulah tujuan kami, mengantar oleh-oleh atau buah jeruk," kata Setia Sembiring.

Jokowi diharapkan memberi perhatian ke daerah Liang Melas Datas yang jalannya rusak. Setia mengatakan jalan yang rusak itu terdapat di enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas.

"Mudah-mudahan jadi perhatian Bapak, Desa Liang Melas, sebab kondisi jalan agak susah. Dengan adanya kami mengantar oleh-oleh, mungkin nanti bisa jadi perhatian bapak," ujarnya.

Warga dari Karo mengirim jeruk 1 truk ke Presiden Jokowi  (Ahmad Arfah-detikcom)Setia Sembiring (Ahmad Arfah/detikcom)

Kerusakan jalan di wilayahnya, kata Setia, sudah terjadi selama 40 tahun. Jalan di desanya sempat diperbaiki, tapi rusak lagi.

"Ada (perbaikan), tapi sekadar saja. Rusak lagi. Sudah beberapa kali ini kami bilang sama Bupati Karo, dana kurang gitu (jawab Bupati). Jadi kami ingin bilang sama Bapak Jokowi agar dia bisa membantu daerah Karo, khususnya Liang Melas," jelas Setia.

Transportasi untuk membawa hasil pertanian dari daerah itu terhambat akibat jalan yang rusak. Menurut Setia, buah yang dipanen sering tidak bisa dijual ke pasar karena tak bisa diangkut.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan juga 'Jalan Utama di Labura Sumut Bak Kubangan, Truk hingga Pikap Ambles!':

[Gambas:Video 20detik]