Warga Kebumen Kini Punya Wisata Ala Eropa 'Gading Paradise'

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 19:32 WIB
Pemkab Kebumen
Foto: dok. Pemkab Kebumen
Kebumen -

Masyarakat Kebumen dan sekitarnya saat ini tidak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmati sensasi wisata ala Eropa. Kini, Kebumen sudah punya wahana baru yakni Gading Paradise yang menyajikan berbagai wahana layaknya di negara-negara Eropa.

Wisata yang terletak di Desa Pejagoan atau hanya sekitar 3 menit dari pusat Kota Kebumen ini secara resmi dilaunching oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto hari ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Arif merasa bangga karena Kebumen kini memiliki wisata unggulan yang menggambarkan keindahan Eropa.

"Gading Paradise ini unik dan keren. Jadi Eropa tidak punya Kebumen, tapi Kebumen punya Eropa. Kita bisa melihat miniatur Menara Eiffel Paris di sini, ada juga Landmark Kincir Angin Belanda, bangunannya juga megah. Kesannya memang benar-benar di Eropa," kata Arif Sugiyanto, Sabtu (4/12/2021).

Dengan hadirnya Gading Paradise, Arif melanjutkan, semakin menambah daftar wisata di Kebumen yang semakin komplit. Harapannya orang luar bisa datang ke Kebumen, mau singgah dan berlama-lama di sini, sehingga bisa menikmati seluruh wisata yang ada di Kebumen dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kita ingin wisata seperti ini dengan wahana permainan dan tempat bermain anak dan keluarga bisa lebih banyak di Kebumen. Dikemas secara modern dan ada sisi alamiahnya. Pemerintah juga tengah fokus menjadikan Kebumen sebagai Kota Wisata. Bukan hanya kota singgah, tapi kota tujuan," jelasnya.

Sementara itu, Owner Gading Paradise Ir. H. Saat Rachmana menuturkan, wisata ini didirikan sejak sekitar tahun 2005 lalu. Ia sengaja ingin menghadirkan wisata yang berbeda dengan yang lain. Untuk bisa menciptakan ini, ia bahkan sampai harus ke Eropa untuk menyelami kehidupan dan budaya di sana.

"Saya keliling dari Jakarta sampai Surabaya tidak menemukan ide wisata yang bagus untuk di kembangkan di Kebumen. Jadi untuk menciptakan Gading Paradise saya harus blusukan ke Eropa berbulan-bulan. Keliling ke desa-desa dan akhirnya menemukan banyak ide wisata untuk di kembangkan di Kebumen," paparnya.

Wisata ini dilengkapi berbagai wahana dan ratusan spot foto selfie instagenic, termasuk bangunan menyerupai Kota Amsterdam, Rumah Hobbit, miniatur Kapal Pesiar, hingga Guest House dan fasilitas pendukung lainya.

Dibangun di atas lahan seluas sekitar 1,5 Hektare, Gading Paradise juga memiliki jam Big Ben seperti di Inggris, Cefe Kastil dengan sajian makanan khas eropa, jajan ice cream dan photobooth. Selain itu, Gading Paradise juga menyediakan meeting room, penginapan di Guest House, barbeque, resto di atas miniatur kapal hingga taman bunga yang indah.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa belajar dan berlatih menunggang kuda dengan pendampingan pelatih yang handal. Fasilitas lain seperti musala juga tersedia. Ke depan di tempat ini juga akan dibangun arena olahraga memanah.

"Wisata ini juga menyediakan tempat Gym atau fitness, sauna, aerobic, area tempat bermain anak dan minimarket. Tak hanya itu, wisatawan pun bisa bermain perahu berkeliling di danau buatan dan bermain di Kolam Renang Gading Splash Water," imbuhnya.

"Untuk bisa menikmati wahana ini, wisatawan cukup membayar tiket mulai dari Rp 20 ribu. Kami juga menyiapkan tempat parkir yang cukup luas," sambungnya.

(prf/ega)