Chef Renatta & Chef Arnold, Ada Tantangan Masak dari Bupati Kebumen Nih!

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 13:48 WIB
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto masak nasi goreng
Foto: dok. Pemkab Kebumen
Kebumen -

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto punya keinginan untuk mengikuti lomba di ajang Master Chef Indonesia. Bahkan, atas dorongan dari masyarakat ia juga akan mengundang Master Chef Renatta Moeloek dan Arnold Poernomo berduel masak dengannya di Kebumen.

"Sekarang masak untuk warga dulu, jurinya warga. Siapa tahu besok bisa ikut lomba Master Chef Indonesia bareng Master Chef Renatta Moeloek dan Arnold Poernomo," kata Arif Sugiyanto sambil melempar tawa saat memasak nasi goreng di rumah Kepala Desa Prembun, Slamet Suharno, pada Jumat (3/12/2021) malam.

Sebagaimana diketahui, di tengah kesibukannya sebagai kepala daerah, Arif Sugiyanto punya sejumlah hobi yang cukup unik. Selain gemar bersepeda ia juga hobi memasak. Arif bahkan kerap memasak nasi goreng untuk dihidangkan ke warga.

Uniknya, sang Bupati yang justru turun langsung ke rumah warga di desa-desa untuk membuatkan nasi goreng dan menyajikannya sebagai menu makan malam bersama warga desa.

Arif mengaku suka dengan gaya masak Renatta Moeloek dan Arnold Poernomo dalam seri tayangan Master Chef Indonesia yang tampil di televisi. Atas dorongan dari masyarakat, ia juga akan mengundang kedua chef tersebut ke Kebumen guna adu keahlian memasak dengannya.

"Kalau Master Renatta dan Arnold masak untuk warga Kebumen kayaknya seru juga ya. Bisa adu memasak juga sama saya," imbuh Arif.

Masak nasi goreng ala bupati cukup memberikan kesan tersendiri bagi warga. Tidak hanya jadi tontonan, banyak masyarakat yang meminta sang Bupati untuk memasak di desanya. Menanggapi hal itu, Arif berusaha untuk menyanggupi.

"Ya, insyaallah kalau kemarin kita di Kebumen bagian timur. Besok gantian ke barat, selatan sama utara. Jadi insyaallah sambil cari waktu kita muter," jelasnya.

Kegiatan memasak untuk warga tersebut bertujuan mendekatkan komunikasi dengan masyarakat. Dengan makan malam bersama, ia ingin mendengar aspirasi dari masyarakat desa tentang program pembangunan daerah, apa yang kurang dan apa yang perlu dievaluasi.

"Program pembangunan memang harus muncul dari bawah. Kita butuh masukan dari masyarakat, apa yang sebenarnya mereka inginkan. Dengan cara ini sambil makan malam kita bisa lebih santai untuk ngobrol bisa dari hati ke hati, lebih mengena," terangnya.

Arif pun memastikan pembangunan akan merata di semua kecamatan termasuk Prembun, kecamatan di sisi timur Kebumen. Pemerintah berencana merevitaliasi terminal Prembun, memperbaiki infrastruktur jalan, dan memperkuat UMKM dengan pemberian modal dari pemerintah.

Tak lupa, Arif juga membangikan sembako kepada masyarakat di akhir acara. Sesikitnya, ada 50 paket sembako yang dibagikan. Setelah itu, ia menyempatkan rapat dengan seluruh kepala desa di Kecamatan Prembun guna membahas berbagai persoalan desa.

(prf/ega)