Panglima TNI Minta Info Potensi Bentrok TNI-Polri Via WA, Agar Dicegah

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 12:01 WIB
Pelantikan Panglima TNI Hari Ini, Simak Lagi Sosok Jenderal Andika Perkasa
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (Rengga Sancaya/detikcom)
Denpasar -

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa bermohon kepada Polri untuk sama-sama mencegah bentrokan di antara TNI-Polri. Caranya, kata Andika, dengan menginformasikan potensi bentrokan sesegara mungkin kepada dirinya ataupun jajaran setempat.

Awalnya Andika mengatakan, jika bentrokan terjadi, TNI-Polri harus kompak memberikan ganjaran sesuai perbuatan oknum yang terlibat. Namun dia mengutamakan pencegahan.

"Oleh karena itu, saya mohon bantuan, sekecil apa pun, kalau memang sudah terjadi, kita harus sama-sama kompak untuk melakukan proses hukum," tutur Andika saat memberi pengarahan dalam Apel Kasatwil Polri 2021 di Bali, Jumat (3/12/2021).

"Kalau belum, itu tadi, lebih bagus. Walaupun infonya belum A-1, kan nggak apa-apa dalam bentuk info itu nggak apa-apa. WA (WhatsApp) saja, tidak usah terlalu prosedural, karena itu kan lebih konfidensial, sehingga kami (TNI) pun dalam mengingatkan pun juga sangat spesifik," imbuh Andika.

Andika menuturkan kemampuan pimpinan TNI dalam mengawasi seluruh anggotanya pun terbatas. Oleh sebab itu, informasi soal potensi bentrokan sekecil apa pun akan sangat membantu.

"Karena memang kami yang di atas kan tidak selalu tahu. Jadi itu yang saya imbau, sekecil apa pun kalau ada potensi di bawah, itu kalau memang bisa dilaporkan, itu lebih bagus," tutur mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) tersebut.

"Sehingga kami pasti akan langsung, langsung untuk... tidak langsung proses hukum kalau belum terjadi. Kami ingatkan, spesifik tentang tindakan atau keterlibatan, sehingga bisa kita cegah dia," sambung Andika.

Dia mengungkapkan bentrok antara anggota TNI dan Polri bisa merusak sinergisitas TNI-Polri.

"Mencegah jangan sampai ada potensi yang nantinya akan membuat bentrokan. Karena sinergisitas kita yang merusak adalah bentrokan di bawah. Nah, ini sudah terjadi beberapa kali," tutur Andika.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Cegah Bentrok TNI-Polri, Panglima Ingin di-WA Jika Ada Info Gesekan

[Gambas:Video 20detik]