Panglima TNI Ungkap 1.826 Prajurit Tertular HIV/AIDS dalam 10 Tahun Terakhir

Antara - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 17:48 WIB
Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa. Acara berlangsung dalam upacara sertijab di Mabes TNI, Jakarta Timur.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jayapura -

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa mengungkap jumlah prajurit yang terinfeksi virus HIV/AIDS. Andika menyebut jumlahnya 1.826 orang dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Jenderal bintang empat ini akan terus mendampingi pengobatan para prajurit tersebut.

Dilansir Antara, Jumat (3/12/2021), Andika menyatakan tak perlu merasa malu membeberkan hal ini ke publik karena seperti itulah faktanya.

"Kami tidak perlu malu mengungkapkannya karena faktanya kami punya prajurit yang terinfeksi virus tersebut," kata Andika di Jayapura, Papua, Rabu (1/12).

Dia menyatakan TNI terus mendampingi prajurit dan keluarganya agar bisa menjalani pengobatan dengan disiplin. Andika juga menuturkan prajurit yang terinfeksi HIV/AIDS diberi fasilitas kesehatan TNI AD.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini mengatakan prajurit yang terpapar HIV/AIDS perlu pengobatan yang teratur untuk menaikkan harapan hidupnya. Andika menyampaikan meskipun hingga kini belum HIV/Aids belum ada obatnya, tetapi obat terapi saat ini dapat memberikan daya tahan bagi prajurit TNI yang berstatus orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Idealnya pemeriksaan kesehatan secara rutin dilakukan setiap tahun. Namun hal itu belum dapat dilakukan karena keterbatasan anggaran," ucap Andika.

Andika mengutamakan prajurit ODHA yang hendak bertugas yang mendapat fasilitas kesehatan. Dia pun mengatakan pentingnya pemeriksaan kesehatan sepulangnya si prajurit dari penugasan.

Simak Video: Apa Kaitannya HIV/AIDS dengan Varian Omicron?

[Gambas:Video 20detik]



(aud/fjp)