Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Muara Angke Terendam Banjir Rob Pagi Ini

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 10:15 WIB
Banjir rob di depan Polsek Sunda Kelapa setinggi 50 cm (Dok. Polda Sunda Kelapa)
Foto: Banjir rob di depan Polsek Sunda Kelapa setinggi 50 cm (Dok. Polda Sunda Kelapa)
Jakarta -

Air dengan ketinggian mencapai 50 cm menggenangi beberapa titik di Sunda Kelapa hingga Muara Angke, Jakarta Utara (Jakut) pagi ini. Tergenangnya kawasan ini diakibatkan oleh banjir rob.

"Untuk genangan air di wilayah Pelabuhan Sunda Kelapa dan Muara Angke dikarenakan terjadinya air rob," ujar Kapolsek Sunda Kelapa AKP Seto Handoko Putra melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Adapun banjir rob ini sudah menggenangi kawasan Sunda Kelapa dan Muara Angke sejak pukul 08.00 WIB. Hingga pukul 10.00 WIB, Seto menjelaskan genangan belum surut.

Seto mengungkapkan banjir rob ini terjadi di beberapa titik. Di antaranya seperti di depan halaman Polsek Sunda Kelapa, di mana genangannya mencapai 50 cm.

Kemudian, di depan pos utama Pelabuhan Sunda Kelapa, genangan air juga mencapai 50 cm.

"Pos utama Pelabuhan Sunda Kelapa, genangan air kurang lebih 50 cm," tuturnya.

Lebih lanjut, Seto menjelaskan kawasan Pelabuhan Muara Angke juga tergenang oleh banjir rob. Ketinggian air rob di Muara Angke mencapai 10-40 cm pagi ini.

"Pelabuhan Muara Angke, di depan kantor RW 022 Blok Empang genangan air kurang lebih 40 cm, dermaga lama TPI genangan air kurang lebih 15 cm," kata Seto.

Selain itu, kata Seto, genangan air setinggi 10 cm juga melanda Jl Dermaga depan PHPT Pengasinan dan tikungan tempat pembuangan sampah genangan air. Sementara air rob di Jl Dermaga Kali Adem Pelabuhan Muara Angke mencapai 35 cm.

Seto menyebut kepolisian terus melakukan koordinasi dengan petugas IPC Sunda Kelapa, Dinas Tata Air, dan petugas Damkar untuk memonitor genangan air rob yang terjadi di Sunda Kelapa dan Muara Angke.

Tonton juga Video: Banjir Rob Genangi Jakut, Wagub Riza Minta Warga Sabar

[Gambas:Video 20detik]



(drg/idh)