2 Hari Beruntun Kecelakaan Bikin Direksi TransJ Dievaluasi Pemprov DKI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 06:11 WIB
Bus Transjakarta menabrak separator busway di daerah Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/12). Kecelakaan itu mengakibatkan bagian depan bus Transjakarta rusak.
Transjakarta tabrak separator busway di Sudirman (Agung Pambudhy/detikcom)

Transjakarta Setop Operasi Armada Terlibat Kecelakaan

Kecelakaan melibatkan bus TransJakarta terjadi berturut-turut selama dua hari terakhir. Menindaklanjuti kejadian tersebut, PT TransJakarta menghentikan operasi sementara armada operator yang terlibat kecelakaan.

"PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah menghentikan operasi sementara dari armada operator yang mengalami kecelakaan tersebut, sampai evaluasi mendapat hasil," ujar Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Angelina Betris dalam keterangan tertulis kepada wartawan, pada Jumat (3/12/2021).

PT TransJakarta bersama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan audit keselamatan operasi. Audit tersebut meliputi beberapa aspek, di antaranya pramudi yang bertugas, jalan, dan armada yang dioperasikan.

"Nantinya hasil rekomendasi dari audit akan dijadikan acuan untuk melakukan perbaikan prosedur keselamatan pelanggan di internal TransJakarta dan di mitra operator. Harapannya agar kejadian serupa tidak terus terjadi di kemudian hari," ujarnya.


Dua Kecelakaan Transjakarta Jadi Sorotan

Untuk diketahui, kecelakaan TransJakarta terjadi berturut-turut pada Kamis (2/12) dan Jumat (3/12). Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Pada Kamis (2/12), bus Transjakarta menabrak Pos Lantas PGC, Cililitan, Jaktim. Peristiwa itu mengakibatkan seorang petugas Transjakarta yang sedang istirahat di Pos Lantas terluka.

Tidak hanya itu, kecelakaan mengakibatkan Pos Lantas hancur. Hingga akhirnya bangunan Pos Lantas seluruhnya dihancurkan karena sudah tidak dapat diperbaiki.

Kemudian, pada Jumat (3/12) kemarin, bus TransJ menabrak separator busway. Atas kejadian ini bagian depan dan sisi kiri bus mengalami kerusakan. Beton separator juga pecah.


Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....