Warga Resah dengan Kemunculan 3 Buaya di Sungai Lembong Bosi Sulbar

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 20:13 WIB
Penampakan buaya di Sulbar (Abdy Febriady/detikcom)
Penampakan buaya di Sulbar. (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali Mandar -

Sudah sepekan, warga Desa Parappe, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) diliputi keresahan. Pasalnya, 3 ekor buaya kerap menampakkan diri di Sungai Lembong Bosi, yang jaraknya cukup dekat dari pemukiman.

Salah satu warga setempat, Sudirman Abu, mengungkapkan buaya kerap muncul pada pagi, siang hingga sore hari.

"Yang jelas kita khawatir dengan kemunculan buaya tersebut. Karena anak-anak tiap hari main di sungai, takutnya buaya itu menyerang anak-anak," kata Sudirman kepada wartawan, Jumat (3/12/2021) sore.

Keresahan Sudirman dan warga lainnya di daerah ini terkait kemunculan buaya, bukannya tanpa alasan. Sebab, beberapa tahun lalu ada warga yang ditemukan meninggal di sungai diduga karena serangan buaya.

"Ada, pada tahun 2019 kalau tidak salah. Orang dari Wonomulyo, saya sendiri yang angkat mayatnya dari situ," ungkapnya.

Warga belum mengetahui penyebab buaya tersebut tiba-tiba kembali bermunculan di sungai ini. Warga lainnya, Aco, mengatakan ia pernah melihat buaya dengan ukuran jumbo berada dalam aliran Sungai Lembong Bosi.

"Saya selalu lihat, tapi ada yang lebih besar, ukurannya seperti batang pohon kelapa. Ada beberapa ekor, tapi yang lain sudah berpindah tempat," tutur Aco dalam bahasa Mandar.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, Aco meminta warga tetap waspada. Ia juga meminta warga tidak mengganggu buaya tersebut.

Berdasarkan pantauan detikcom, buaya-buaya tersebut terlihat berenang di Sungai Lembong Bosi. Buaya itu diperkirakan berukuran 2 meter.

Sesekali buaya berwarna kecokelatan, dengan kombinasi warna hitam pada bagian ekor, tampak menepi di bantaran sungai di bawah akar pepohonan.

Sejak kabar kemunculan buaya ini beredar, hampir setiap hari lokasi kemunculan buaya kerap dipadati warga setempat. Selain ingin melihat langsung wujud buaya tersebut, tidak sedikit warga yang ingin mengabadikan momen kemunculan buaya.

(isa/isa)