Viral Seekor Buaya Tiba-tiba Muncul di Rumah Warga Pasangkayu Sulbar

Abdy Febriady - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 22:26 WIB
Pasangkayu -

Seekor buaya bikin geger masyarakat Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar), lantaran masuk ke rumah salah satu warga. Peristiwa ini seketika viral di media sosial.

Dalam beberapa potongan video pendek yang beredar luas, buaya berukuran 1 meter itu terlihat tenang di dalam rumah dengan kondisi mulut terbuka. Tampak beberapa warga yang tampak mengabadikan momen kemunculan buaya tersebut.

Sementara itu, pada potongan video pendek lainnya, sejumlah warga membuang buaya tersebut ke dalam sungai.

Sejak pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Muh Rizal, video kemunculan buaya di dalam rumah warga ini sontak dibanjiri komentar dan telah dibagikan ratusan kali.

Saat dikonfirmasi, pemilik akun facebook Muh Rizal mengatakan peristiwa kemunculan buaya tersebut terjadi di rumah tetangganya bernama Arwin, warga Desa Ako, Kecamatan Pasangkayu, pada Kamis (28/10) malam.

Keberadaan buaya tersebut disadari setelah secara tidak sengaja, ekornya terinjak salah satu warga.

"Kebetulan itu malam (Kamis malam), ada anggota duduk-duduk di depan rumah itu, tiba-tiba dia injak itu ekornya buaya, tiba-tiba muncul seperti itu di bagian depan rumah, kemudian masuk ke dapur," kata Muh Rizal saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon, Jumat (29/10/2021) malam.

Rizal menyebut buaya itu berada di dalam rumah kurang-lebih dua jam. Hal ini memicu kepanikan penghuni rumah.

"Kurang-lebih dua jam di dalam rumah baru ditangkap. Warga terlebih dahulu memberi makan telur, karena diyakini bukan buaya sembarangan," ungkapnya.

Sebab, sebelumnya salah satu kerabat pemilik rumah mengaku bermimpi akan kemunculan buaya.

Buaya tersebut juga sempat berontak ketika ditangkap warga. Kendati demikian, tidak ada warga yang terluka akibat amukan buaya.

"Sempat berontak warga, tapi Alhamdulillah tidak ada warga yang terluka," terang Rizal.

Setelah tertangkap, buaya langsung dibawa ke salah satu sungai untuk dilepaskan. Jaraknya diperkirakan mencapai 100 meter dari rumah lokasi buaya ditemukan.

(isa/isa)