Polisi Ungkap Detik-detik Kebakaran di Gedung Cyber 1: Alarm Sempat Bunyi

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 19:20 WIB
Kebakaran terjadi di Gedung Cyber 1 yang berada di Mampang, Jakarta Selatan. Petugas pemadam kebakaran berjibaku padamkan api dan evakuasi korban, Kamis, (2/12/2021).
Detik-detik petugas mengevakuasi korban kebakaran Gedung Cyber 1 Mampang. (Grandyos Zafna/detikcom)


Sumber Api

Sementara itu, berdasarkan keterangan saksi, polisi mendapatkan informasi sumber kebakaran. Sumber api berasal dari baterai trafo yang ada di lantai 2 bagian gedung Cyber 1.

"Dari situ diketahui telah terjadi kebakaran yang berasal dari baterai trafo lantai 2 bagian belakang Gedung Cyber terbakar hingga mengeluarkan sumber api," tambahnya.

Saat ini proses penyelidikan polisi masih berlangsung. Dugaan adanya kelalaian hingga tersangka dalam kasus kebakaran itu masih didalami penyidik.

"Adanya tersangka akibat kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber masih dalam tahap penyelidikan oleh pihak berwajib," tutur Zulpan.


Puslabfor Olah TKP

Hari ini Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri dan Polres Metro Jakarta Selatan pun turun langsung ke lokasi melakukan olah TKP. Hasil pemeriksaan awal menyebutkan polisi menduga titik api bersumber dari rangkaian panel listrik di dalam gedung.

"Jadi, semacam panel atau rangkaian kabel yang terbakar. Kalau untuk gedung ruangan tak terbakar, tapi panel dan rangkaian kabel terbakar," ujar Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah kepada wartawan di Gedung Cyber 1, Mampang, Jaksel, Jumat (3/12).

Secara kasatmata, lanjut dia, panel kabel yang terbakar itu yang menimbulkan asap pekat dan tebal. Meski begitu, ia mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab kebakaran itu.

"Tapi ini ini baru kasatmata, karena hasil olah TKP yang tentukan keterangan tersebut," katanya.

Azis memastikan tak ada ruang kerja karyawan yang terbakar di lokasi. Ia menjelaskan insiden kebakaran hanya terjadi di ruangan panel kabel listrik. Saat ini, kondisi di sekitar titik api masih terlihat sisa residu kabel terbakar.

"Yang terlihat sisa residu asap. Jadi terbakar hangus di ruangan, tidak, tapi ada satu ruangan yang letaknya panel kabel yang memang terbakar, tapi ruangan kerja lain tidak kondisi terbakar tapi penuh residu asap," jelasnya.


(ygs/mea)