Tim Puslabfor Olah TKP Kebakaran di Gedung Cyber 1 Jaksel

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 14:24 WIB
Tim Puslabfor Polri Datangi Cyber 1
Tim Puslabfor Polri mengecek Gedung Cyber 1. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri melakukan olah TKP lokasi kebakaran di Gedung Cyber 1, Jalan Kuningan Barat Daya Raya, Mampang, Jakarta Selatan. Tim Puslabfor akan meneliti penyebab insiden kebakaran di lantai 2 gedung tersebut.

Pantauan detikcom, Tim Puslabfor Mabes Polri mulai melakukan olah TKP pada pukul 12.30 WIB, Jumat (3/12/2021). Terlihat dua orang tim masuk dan ke gedung.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Ridwan mengatakan pihaknya juga sedang mengecek dan mengumpulkan keterangan di lokasi. Saat ini olah TKP di Gedung Cyber 1 masih berjalan

"Iya, saat ini sedang melakukan persiapan-persiapan. Sedang berjalan (olah TKP)," kata Ridwan saat dimintai konfirmasi detikcom.

Selain Tim Puslabfor, ada juga penyidik dari Satreskrim Polres Jakarta Selatan masuk ke gedung. Hingga kini belum tampak Tim Puslabfor dan penyidik keluar dari gedung. Di sekitar Gedung Cyber 1 juga masih tercium bau asap.

Kondisi terkini, kegiatan operasional Gedung Cyber sudah kembali berjalan normal. Sementara itu, lokasi titik kebakaran di lantai 2 belum beroperasi.

"Kantor selain yang terdampak lantai 2 itu sudah beroperasi normal," ujar Manajer Pengelola Gedung, Dwi Anggodo, kepada wartawan di Gedung Cyber, Mampang, Jaksel, Jumat (3/12).

Hanya, Anggodo mengatakan saat ini lift belum bisa dioperasikan. Pegawai pun diarahkan menggunakan tangga darurat.

Dia menuturkan hingga kini ruang server di lantai 2 belum pulih. Meski begitu, lanjutnya, setiap perusahaan memiliki perlindungan dan pencadangan terhadap data yang menggunakan disaster recovery center (DRC) sehingga diyakini data tetap aman.

Diketahui, api muncul di Gedung Cyber 1, Jl Kuningan Barat Daya Raya, Kamis (2/12) sekitar pukul 12.30 WIB. Berdasarkan informasi, api muncul di lantai dua gedung ini.

Akibat insiden itu, dua korban meninggal dunia. Kedua korban itu merupakan pengunjung gedung.

Adapun dua korban meninggal dunia itu adalah Seto (18) dan Redzuan (17). Satu korban meninggal di lokasi kejadian, satu lagi meninggal dalam perjalanan ke RSUD Mampang.

(zap/zap)