Hari Armada Republik Indonesia 5 Desember, Ini Sejarahnya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 11:55 WIB
Hari Armada Indonesia kembali diperingati oleh TNI AL pada tanggal 5 Desember 2021.
Hari Armada Indonesia 5 Desember, Ini Sejarahnya -- ilustrasi (Foto: Andika Prasetia/detikcom)

Hari Armada Republik Indonesia: Koarmada II Gelar Ziarah Makam Pahlawan

Melansir dari situs Koarmada 2 TNI AL MIL, Komando Armada II menggelar ziarah makam dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan 10 November. Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II Laksma TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han) menerangkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyambut Hari Armada Indonesia 2021.

"Ziarah dan Tabur Bunga ini untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelumnya Koarmada II juga telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk masyarakat, termasuk percepatan vaksinasi di sejumlah daerah, " kata Laksma Rachmad.

Kegiatan ziarah makam dan tabur bunga tersebut dilaksanakan di di Taman Makam Pahlawan 10 November, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Kamis (2/12/2021). Rangkaian kegiatannya meliputi:

  1. Persiapan pasukan
  2. Peletakan karangan bunga oleh pimpinan ziarah
  3. Penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh pimpinan ziarah
  4. Penaburan bunga oleh pimpinan ziarah didampingi oleh para pejabat utama.
  5. Setelah ziarah makam dan tabur bunga, kegiatan dilanjutkan dengan membagikan 100 paket sembako kepada para penjaga makam TMP 10 Nopember Surabaya dan masyarakat sekitar. Pembagian sembako tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Menuju Hari Armada Republik Indonesia: Aksi Donor Darah

Menuju Hari Armada Indonesia 2021, ada kegiatan lain yang dilakukan oleh Koarmada II. Menurut situs resmi TNI MIL, Koarmada II menggelar aksi sosial Donor Darah di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) dan Indoor Sport, Rabu (1/12/2021).

Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi memantau pelaksanaan kegiatan tersebut yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya dan PMI Gresik. Sebanyak 623 kantong darah sudah disediakan Koarmada II untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengatasi minimnya stok darah akibat virus Corona.


(azl/imk)