Polisi Ungkap Penyebab Bus TransJ Tabrak Separator Busway di Sudirman

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 16:39 WIB
Bus Transjakarta menabrak separator busway di daerah Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/12). Kecelakaan itu mengakibatkan bagian depan bus Transjakarta rusak.
TransJakarta menabrak separator busway di Sudirman (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Bus TransJakarta menabrak separator busway di Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Polisi menduga kecelakaan disebabkan sopir TransJakarta kurang hati-hati saat berkendara.

"Patut diduga pengemudi kendaraan bus TransJakarta B-7277-TGC kurang hati-hati dan konsentrasi," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (3/12/2021).

Argo menjelaskan kecelakaan terjadi sekitar pukul 11.50 WIB. Saat itu bus TransJakarta melaju dari arah selatan ke utara di busway Jalan Jenderal Sudirman.

"Sesampai di depan gedung Ratu Plaza, diduga kurang hati-hati dan konsentrasi, sehingga (bus) oleng ke kiri dan kemudian menabrak separator," imbuhnya.

Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Namun, akibat kejadian itu, bus TransJ mengalami kerusakan pada bagian depan dan samping kiri.

Selain itu, beton separator busway juga pecah. Polisi saat ini masih menyelidiki kecelakaan tersebut.

Pengakuan Sopir TransJ

Sopir bus bernama Ade Setiyono menjelaskan awal mula kecelakaan. Ade mengaku hilang kendali gara-gara botol air mineral menggelinding.

"Itu (botol) botol air mineral jatuh. (Botol) air mineral jatuh, udah sih gitu," kata Ade saat ditemui di lokasi, Jumat (3/12/2021).

Ade mengaku tidak dalam kondisi mengantuk. Dia hanya mengatakan saat tengah menyetir tiba-tiba botol air mineral itu menggelinding ke arah pedal gas sehingga dia kehilangan kendali.

"Jadi saya lagi nyetir, gelinding. Kena gas," terang Ade.

Ade tidak banyak bicara. Dia mengaku masih shocked setelah peristiwa kecelakaan itu.

(mea/mea)