Layanan Digital Ramah Disabilitas di Stasiun MRT DKI Diluncurkan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 12:31 WIB
Pemprov DKI dan MRT Jakarta luncurkan layanan digital untuk kaum disabilitas.
Foto: Pemprov DKI dan MRT Jakarta luncurkan layanan digital untuk kaum disabilitas. (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Dalam Kesempatan itu, Anies juga mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap ableism. Yaitu perasaan dan cara pandang yang membuat kita seolah memiliki kelebihan di atas para penyandang disabilitas.

"Kita harus hindari ableism, perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi," ujarnya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar menjelaskan terdapat tiga stasiun yang dipasang DINA, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI. Ke depannya, layanan ramah disabilitas ini akan dipasang di seluruh stasiun.

"Hari ini kami memfungsikan layanan digital yang ramah disabilitas yang kita sebut dengan nama DINA. Inisiatif ini pertama di Indonesia, dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hongkong," jelas William.

"Ini adalah inisiatif yang didasarkan pengalaman melayani penumpang selama ini. Mereka transformasikan ke dalam sebuah teknologi yang dapat melayani semua pelanggan tetapi amat ramah disabilitas, karena dengan adanya teknologi video call, operator yang bertugas pada operation center di HI ini bisa berkomunikasi langsung dengan teman-teman penyandang disabilitas," sambungnya.


(taa/aud)