DPRD DKI Panggil Dirut TransJ-Dishub Imbas Bus Tabrak Pos Lantas PGC

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 10:36 WIB
Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz
Foto: Abdul Aziz (Dok. Humas Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta)
Jakarta -

Sebuah bus TransJakarta menabrak Pos Lantas di dekat PGC, Jakarta Timur hingga roboh. Imbas dari insiden itu, DPRD DKI Jakarta bakal panggil direksi TransJakarta beserta Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk dimintai keterangan.

"Kita sudah agendakan, jadi hari Senin siang kita akan panggil Transjakarta untuk menjelaskan," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Nantinya, DPRD DKI Jakarta akan menekankan upaya direksi, terutama Direktur Utama TransJakarta yang baru dilantik, Yana Aditya dalam menyikapi insiden kecelakaan TransJakarta agar tidak terulang lagi.

"Kemudian itu juga ada direktur utama baru di sana, kita juga ingin Dirut baru ini aware lah untuk masalah ini, karena ini menyangkut nyawa manusia," jelasnya.

Selain itu, DPRD DKI juga akan mempertanyakan implementasi rekomendasi dewan untuk menyediakan klinik di masing-masing depo TransJakarta. Sebagai informasi, usulan ini sempat diusulkan Komisi B imbas dari kecelakaan maut TransJakarta di Cawang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

"Rapat terakhir kan ada beberapa rekomendasi, rekomendasi itu yang akan kita tanyakan, sudah berapa yang dijalankan. Kapan sisanya akan dijalankan dari rekomendasi itu, kita evaluasi," ujarnya.

"Kalau sudah jalan kenapa bisa jadi seperti ini, apa ini faktor dari human error atau sistem, itu akan kita tanyakan semua di hari Senin besok," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, bus TransJakarta menabrak Pos Lantas di persimpangan dekat Pusat Grosir Cililitan (PGC), Cililitan, Jakarta Timur. Polisi menyebut kecelakaan tersebut dipicu dongkrak yang menggelinding lalu menyebabkan sopir hilang kendali.

"Dugaan awalnya karena dongkrak berat yang bisa membawa beban 15 ton ditaruh (di) jok driver tahu-tahu kan menggelinding pedal gas. Sehingga driver tidak bisa menguasai. Karena langsung menabrak pospol kita," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Eddy Surasa kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (2/12).

Satu orang sekuriti menjadi korban dari kecelakaan ini. Korban mengalami luka ringan dan telah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

(taa/lir)