Alasan Urus Ibunda Sakit Bikin Jerinx Minta Penangguhan Penahanan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 07:03 WIB
Jerinx akan diserahkan ke Jaksa
Jerinx (Yogi/detikcom)


Harap Ada Restorative Justice

Gendo mengatakan pihak Jerinx sebenarnya sudah beberapa kali menemui pelapor untuk mencabut laporan. Hal itu sudah dilakukan berulang kali, baik formal di Polda Metro Jaya maupun melalui telepon.

Bahkan Jerinx sudah pernah bertemu langsung juga dengan pelapor dan pengacaranya. Namun pelapor tidak mau mencabut laporan dan ngotot untuk menyelesaikan di persidangan kendati pelapor telah berkali-kali menyatakan sudah memaafkan Jerinx.

"Nah, itu yang kami tidak ngerti juga, (pelapor) memaafkan tapi (proses hukum) berlanjut. Itu kan juga nggak logic-lah, tapi itu hak mereka," kata Gendo.

Hingga kini, Gendo mengatakan bahwa belum ada upaya lagi untuk menemui Adam Deni selaku pelapor. Sebab, yang bersangkutan memang berkali-kali sudah menyatakan menutup pintu mediasi.

"Tim sedang membicarakan ini apakah akan berupaya untuk mediasi atau menunggu pihak pelapor untuk mediasi. Karena pelapor yang menutup pintu (mediasi) kan, agak susah juga," ucapnya.

Namun sebetulnya, kata Gendo, pihak kejaksaan punya kewenangan untuk mendorong restorative justice, tentu dengan beberapa syarat-syarat kan begitu. Karena itu, Gendo mendorong adanya restorative justice dalam kasus ini.

"Harapan besar kami justru pihak kejaksaan mendorong restorative justice sebagai salah satu upaya penegakan hukumnya untuk menyelesaikan kasusnya," pungkasnya.


(mea/mea)