Kontes Waria Dibungkus Izin Khatam Al-Qur'an, MUI: Proses Hukum Biar Jera!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 06:51 WIB

Kontes berlangsung di Kelurahan Pappang, Kecamatan Campalagian, Selasa (30/11), sekira pukul 22.00 Wita. Selama kegiatan berlangsung, para penonton tampak berkerumun.

Para waria itu terlihat berlenggak-lenggok di atas panggung. Kedatangan petugas membubarkan kegiatan kontes waria sempat mengundang perhatian hingga memicu sorakan.

"Awalnya yang bersangkutan meminta izin untuk acara akikah atau khatam Al-Qur'an. Kami dari pihak kelurahan mengizinkan dengan syarat, tidak ada kegiatan lain di luar kegiatan itu, dan memang kami sudah lengkapi surat pernyataan, yang bersangkutan tanda tangan di atas kertas bermeterai," ungkap Lurah Pappang, Nabil Widjan Al Hamdani di lokasi kegiatan kontes waria, Selasa (30/11) malam.

Penanggung jawab acara membantah tudingan melakukan kontes waria, tapi menggelar acara hajatan.

"Jadi itu bukan kontes. Hanya saja karena tenda dan interior yang digunakan WO (wedding organizer) itu sangat wah dan baru pertama kali, jadi banyak yang tertarik datang untuk menonton," ungkap penanggung jawab wedding organizer dalam acara itu, Kiki Busman, saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (2/12).


(lir/zap)