Mesra dengan PDIP, Gerindra: Kita Belum Bisa Pastikan Koalisi

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 12:58 WIB
Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman
Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)
Jakarta -

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkap Partai Gerindra masih memeriksa sejumlah survei terkait kemungkinan memasangkan Ketua Umumnya Prabowo Subianto dengan Puan Maharani untuk Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menilai wajar jika pihaknya melakukan hal tersebut.

"Saya pikir semua partai memang begitu, kita belum bisa pastikan koalisi saat ini karena semua masih fokus kerja melayani rakyat di posisi eksekutif maupun legislatif," kata Habiburokhman saat dihubungi, Kamis (2/12/2021).

Habiburokhman menyebutkan, berdasarkan pemilu yang lalu, pengecekan survei juga dilakukan oleh partai lainnya. Menurutnya, memang pasangan capres-cawapres baru akan jelas mendekati pilpres.

"Kalau mengacu pada pemilu-pemilu sebelumnya, bisanya pasangan capres-cawapres baru fix jelang pendaftaran," ucapnya.

Dia pun menyebut yang terpenting saat ini bukanlah siapa calon yang akan diusung oleh Gerindra dan PDIP. Melainkan hubungan dekat kedua partai tetap terjaga. "Yang penting hubungan baik kami terus terjaga," imbuhnya.

Hubungan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri dan Puan Maharani tampak kian mesra. Kemesraan kian tampak lewat beberapa pertemuan.

Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto sempat bertemu dan berdiskusi di ruang VVIP Istana Kepresidenan sebelum pelantikan Jenderal Andika Perkasa, Kamis (18/11). Pertemuan Megawati dan Prabowo berlangsung hangat setelah Puan Maharani bergabung.

Gerindra Bakal Cek Survei

Untuk diketahui, dukungan kepada Prabowo Subianto dan Puan Maharani untuk mencalonkan diri sebagai presiden (2024) mulai banyak bermunculan. Partai Gerindra nantinya akan mengambil keputusan politik yang dinilai paling tepat.

"(Soal deklarasi Prabowo-Puan) tentu saja keputusan politik akan kita ambil di waktu yang tepat. Pada suasana yang benar," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani kepada wartawan, Rabu (1/12).

Gerindra ingin keputusan politik yang akan diambil ke depannya dapat sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan. Maka, Muzani menyebut Gerindra akan menimbang dan menampung berbagai survei politik terkait pengusungan capres.

"Supaya tidak melenceng terlalu jauh. Mudah-mudahan tepat. Untuk bisa tepat, maka survei adalah salah satu indikator dan cara dari banyak lembaga survei bukan hanya dari satu," ujar Muzani.

(maa/gbr)