Hasil Antigen Tidak Muncul di PeduliLindungi, Ini Solusinya

Mutia Safira Fitri - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 11:32 WIB
Hasil Antigen Tidak Muncul di PeduliLindungi, Ini Solusinya
Hasil Antigen Tidak Muncul di PeduliLindungi, Ini Solusinya -- ilustrasi (Foto: Dok.detikcom)
Jakarta -

Hasil antigen tidak muncul di PeduliLindungi merupakan salah satu permasalahan yang banyak ditemui oleh masyarakat Indonesia. Di masa pandemi ini tes antigen dijadikan salah satu syarat perjalanan, baik jalur darat, kereta api hingga udara.

Hasil tes antigen telah terintegrasi di aplikasi PeduliLindungi untuk menjamin keaslian dan menghindari pemalsuan surat hasil laboratorium. Namun, masyarakat tidak perlu panik ketika hasil tes antigen yang telah dilakukan tidak muncul di PeduliLindungi. Untuk mengetahui solusinya, simak informasi berikut ini.

Hasil Antigen Tidak Muncul di PeduliLindungi: Ini Solusinya

Tidak munculnya hasil tes antigen jadi permasalahan yang kerap terjadi. Dilansir dari akun Instagram Indonesiabaik.id, terdapat tiga cara agar hasil tes antigen muncul di PeduliLindungi. Berikut cara-caranya:

  1. Melakukan pemeriksaan di laboratorium yang sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing wilayah.
  2. Petugas di laboratorium harus menginputkan hasil laboratorium pada aplikasi NAR (New All Record) Kementerian Kesehatan.
  3. Apabila sudah melakukan cek di laboratorium yang terdaftar namun hasil swab antigen maupun PCR masih belum muncul, bisa dicek di website PeduliLindungi (PeduliLindungi.id) dengan memasukkan nama dan NIK.

Hasil Antigen Tidak Muncul di PeduliLindungi: Cara Cek Tes Antigen Melalui Website

Hasil antigen dari tes yang telah dilakukan dapat dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut akan menyimpan data hasil tes yang telah dilakukan selama 3 hari. Berikut cara cek hasil tes antigen melalui webstie PeduliLindungi yaitu:

  1. Akses laman https://pedulilindungi.id/ melalui handphone atau komputer.
  2. Klik tulisan 'Periksa Hasil Tes COVID-19 di sini'.
  3. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) lalu klik 'submit'.
  4. Laman akan menunjukkan hasil data dari NIK yang dimasukkan berupa data vaksin, hasil PCR serta hasil Antigen.

Kini solusi hasil antigen tidak muncul di PeduliLindungi sudah diketahui. Lalu bagaimana cara mengecek hasil tes antigen di aplikasi PeduliLindungi? simak di halaman selanjutnya.