23 Remaja Hendak Reuni 212 di Jakarta Dicegat di Pos Penyekatan Tangsel

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 11:27 WIB
Kapolsek Ciputat Timur, Kompol Yulianto
Kapolsek Ciputat Timur Kompol Yulianto (Khairul/detikcom)
Jakarta -

Polisi di Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan penjagaan di beberapa pos filterisasi demi mencegah massa ke Jakarta untuk ikut Reuni 212. Dari pos filterisasi di pertigaan Sandratex, Tangsel, polisi mengamankan 23 remaja yang kedapatan hendak ke acara Reuni 212 di Jakarta.

Kapolsek Ciputat Timur Kompol Yulianto mengatakan kegiatan filterisasi dilakukan sejak Rabu (1/12) pukul 21.00 WIB. Sebanyak 23 remaja itu diamankan dari hasil penjagaan tadi malam.

"Dari tadi malam sudah diamankan 23 orang, kemudian kita amankan untuk dibawa ke Polres Tangerang Selatan untuk dilakukan pembinaan. Jumlah tersebut yang diamankan dari titik filterisasi ini saja," kata Yulianto kepada wartawan di lokasi, Kamis (2/12/2021).

Yulianto mengatakan para remaja yang diamankan memang beralasan ingin ke Jakarta untuk mengikuti Reuni 212. Menurutnya, dari seluruhnya yang diamankan ini, tidak ada yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Tidak ada yang berusaha mengelabui sih. Mereka saat diamankan bilang ke Jakarta untuk ikut Reuni 212. Mereka ini semuanya menuju Jakarta dengan menebeng atau memberhentikan mobil truk gitu, tidak ada yang bawa kendaraan pribadi ataupun naik angkot," ucapnya.

Yulianto membeberkan dari 23 orang itu, 19 orang di antaranya diamankan saat malam dan 4 orang diamankan pagi ini. Dia menyebut mereka yang diamankan rata-rata masih berusia remaja.

"Jadi semalam kita amankan 19 dan hari ini ada empat orang. Alasan mereka ingin ikut Reuni 212 dan tidak ada yang memaksanya," ujarnya.

Pantauan detikcom di lokasi, aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Tangsel masih melakukan penyekatan. Filterisasi ini dilakukan di Jalan Raya Jakarta-Bogor dekat Sandratex, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Kondisi lalu lintas saat ini ramai-lancar, tidak ada kemacetan atau antrean kendaraan. Aparat yang bertugas juga terkadang membantu pejalan kaki yang akan menyeberang jalan.

Diketahui memang hari ini, Kamis (2/12/2021), direncanakan aksi Reuni 212 di DKI Jakarta. Tetapi memang aksi ini tidak mendapat izin dari Polda Metro Jaya dan Satgas COVID-19 karena mengundang keramaian.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan AKP Dicky Sutarman menjelaskan filterisasi kendaraan ini dilakukan secara selektif. Lebih lanjut Dicky membeberkan ada dua titik yang dilakukan filterisasi. Dia berujar kedua titik tersebut berbatasan dengan wilayah Jakarta Selatan.

"Tidak melakukan penyekatan. Filterisasi kendaraan yang melintas pada wilayah perbatasan dengan Jakarta Selatan. Masyarakat tetap dapat melintas namun, apabila merupakan massa aksi Reuni 212, tidak dapat melewati jalur itu. Pertigaan Bintaro sektor 3 dan pertigaan Sandratex, Ciputat, akan difilterisasi. Kami akan mulai berjaga dari malam ini, Rabu (1/12/2021)," ungkapnya saat dihubungi detikcom, Rabu (1/12).

(fas/fas)