Reuni 212 Dilarang, Massa Tetap Berdatangan Lewat Kebon Sirih

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 06:48 WIB
Peserta Reuni 212 mulai berdatangan
Peserta Reuni 212 mulai berdatangan (Foto: Wildan/detikcom)
Jakarta -

Reuni 212 tetap bakal digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, meskipun dilarang dari Satgas COVID-19 dan polisi. Sejumlah peserta aksi tampak sudah hadir untuk mengikuti Reuni 212.

Berdasarkan pantauan detikcom di Jalan Kebon Sirih, Kamis (2/12/2021) pukul 06.00 WIB, sejumlah peserta aksi terlihat berada di trotoar. Salah satu di antara mereka tampak membawa bendera.

Sejumlah petugas kepolisian juga terlihat siaga untuk mencegah massa agar tidak ke kawasan Patung Kuda dan Monas.

Salah seorang peserta aksi, Adi, mengaku bingung melihat lokasi yang dibatasi kawat berduri. Dia mengatakan, sebelumnya belum mengetahui terkait acara 212 yang tidak mendapatkan izin kepolisian.

"Ini saya mau ke acara ini, bareng temen saya tadi mau ke sana, tapi ternyata diblokir nggak boleh ke sini. Nggak tahu, tahunya aksi damai. Saya juga baru tahu ini mendadak. Katanya sudah izin ke polda, ke polri juga," kata dia.

"Padahal kan kita menerapkan prokes. Kan yang lebih parah ngumpul ngumpul dari ini juga lebih banyak kan, kayak di mal, mal gitu," kata dia.

Adi mengatakan, dia dan temannya akan menunggu kepastian hingga pukul 07.00 WIB. Jika tetap tidak diperbolehkan, mereka akan meninggalkan lokasi.

"Ya gatau juga, terpaksa berarti nggak jadi, kita tunggu sampe jam 6 jam 7 an, kalo nggak bisa pulang aja," ujar Adi.

Arus lalu lintas di sekitar Jalan Kebon Sirih masih terpantau ramai lancar.

Simak video 'Jika Massa Reuni 212 Nekat Aksi, Ancaman Pidana Menanti!':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)