Luncurkan BTS, Walkot Makassar Akan Sempurnakan Jalur Transportasi

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 00:42 WIB
Luncurkan BTS, Walkot Makassar Akan Sempurnakan Jalur Transportasi
Walkot Makassar luncurkan BTS. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Wali Kota Makassar, M Ramdhan 'Danny' Pomanto membuka secara resmi Smart Transportation Forum 2021. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini mengangkat tema 'Better Cities, Better Transportation'.

"Setelah saya banyak berdiskusi dengan international agensi dan saya juga bicara dengan Pak Dirjen Kemenhub dan Makassar ditunjuk mendapatkan fasilitas Buy The Service (BTS) atau angkutan umum massal yang disebut Teman Bus. Dan alhamdulillah Makassar punya progres terbaik dari semua kota," kata Danny di Gammara Hotel, Rabu (1/12/21).

Hal ini mendapat dukungan penuh dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub dan pihaknya siap memfasilitasi secara penuh, utamanya bagian konstruksi. Salah satu contohnya yakni perbaikan pedestrian.

"Saya belum tahu berapa unit tapi nilai proyeknya ini senilai Rp 1,3 T semua anggaran dari pusat dan memang kita akan nanti buat jalur khusus motor. Bagusnya ini BTS karena rendah beda sama BRT yang tinggi. Jadi BTS ini ramah disabilitas," sebut Danny.

Hal senada disampaikan secara virtual oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi. "Kami terima masukan dari Pak Wali dan kami siap support penuh semoga bisa masuk pada anggaran 2022. Karena kita lihat progresnya Makassar sangat baik dari daerah lain," ujarnya.

Karenanya, Budi menilai peran pemerintah daerah sangat turut andil sehingga program pusat ke daerah berjalan dengan lancar. Peluncuran BTS ini juga ditandai dengan beberapa perwakilan disabilitas yang langsung merasakan kenyamanan BTS.

Ke depannya, penyempurnaan baik dari segi aplikasi dan konstruksi akan bertahap mendapatkan perbaikan demi kenyamanan masyarakat Makassar.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh First Secretary For Climate and Environment, Embassy Of The Federal Republic of Germany, Warthane Puvanarajah, dan Deputy Head, Economix and Development, Andrea Zbinden.

(rfs/rfs)