Wagub DKI Tegaskan Satgas COVID Tak Beri Izin Reuni 212 di Patung Kuda

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 23:13 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Foto: Karin Nur Secha/detikcom
Jakarta -

Reuni 212 bakal digelar di Patung Kuda, Jakarta Pusat, besok. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan Satgas COVID-19 tidak memberi izin Reuni 212 di Patung Kuda.

"Satgas COVID tidak memberikan izin di situ. Kemudian Polda kemarin (bilang) tidak bisa," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (1/12/2021).

Riza menerangkan Pemprov DKI tetap meminta panitia mempertimbangkan kegiatan reuni akbar. Terlebih, pandemi di RI masih belum berakhir sehingga berpotensi terjadinya penularan virus Corona.

"Seperti yang kami sampaikan, kami minta supaya panitia mempertimbangkan kembali karena ini masa pandemi," ujarnya.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan Satgas COVID-19 tidak memberikan rekomendasi kegiatan Reuni 212, baik di Monumen Nasional maupun kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Terakhir sudah rapat dengan Polda Metro, dengan Pemprov, dengan panitia, terakhir kan sudah disepakati tidak di Monas karena belum di buka. Tidak juga di Patung Kuda, karena kan di Patung Kuda dapat menimbulkan kerumunan dan keramaian. Di situ juga tempat umum yang bisa ganggu lalu lintas dan ketertiban umum," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Polda Metro Jaya menegaskan tak memberikan izin untuk acara Reuni 212. Namun, Steering Committee Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma'arif, menyebut Reuni 212 tetap digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"(Reuni 212 di) Patung Kuda," kata Slamet Ma'arif kepada wartawan menjawab pertanyaan di mana lokasi Reuni 212, Rabu (1/12/2021) malam.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Korlap) Reuni Aksi 212 Ismail Ibrahim mengirimkan poster terkait Reuni 212 yang tetap digelar di kawasan Patung Kuda Jakarta. Bertulisan kegiatan besok 'Aksi Super Damai'.

Di poster itu sebutkan kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Peserta aksi diimbau untuk menjaga protokol kesehatan.

Adapun disebutkan instruksi untuk peserta aksi tidak membawa senjata tajam, terprovokasi, membawa anak di bawah umur, berkata kasar, hingga dilarang membuang sampah sembarangan.

Reuni 212, yang rencananya akan digelar di Patung Kuda, hingga saat ini tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Yayasan Az Zikra, Sentul, Bogor, yang jadi alternatif untuk lokasi acara tersebut, juga menolak.

(taa/idn)