Nasib Reuni 212: Tak Boleh di Patung Kuda-Ditolak Az Zikra

ADVERTISEMENT

Nasib Reuni 212: Tak Boleh di Patung Kuda-Ditolak Az Zikra

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 20:30 WIB
Jakarta -

Acara Reuni 212 masih menjadi tanda tanya setelah ditolak di mana-mana. Reuni 212, yang rencananya akan digelar di Patung Kuda, hingga saat ini tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Yayasan Az Zikra, Sentul, Bogor, yang jadi alternatif untuk lokasi acara tersebut, juga menolak.

Sebelum ditolak, pada 11 November 2021, Persaudaraan Alumni (PA) 212 awalnya berencana menggelar acara tersebut di Monas. Namun penolakan mencuat setelah banyak kritik karena acara itu digelar saat situasi Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19.

Tak mendapatkan izin di Monas, PA 212 pun mengambil lokasi lain, yakni di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin.

"Benar. Masih proses perizinan nanti kalau sudah ada hasil kami akan berikan rilis resminya," kata Novel Bamukmin kepada wartawan, Selasa (23/11) lalu.

Namun beberapa hari kemudian, PA 212 kembali mengubah lokasi gelaran Reuni 212. PA 212 menyampaikan acara akan diadakan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Setelah mendengar masukan dari para Ulama dan Tokoh 212 serta paparan dari pihak lainnya, maka panitia Reuni Akbar 212 memutuskan : Pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat, sekaligus doa bersama untuk Almarhum Ust Ameer Azzikra putra alm KH M Arifin Ilham, dan disiarkan secara virtual dan live streaming," bunyi keterangan tertulis yang diterima, Senin (29/11).

Tak berhenti sampai di situ, PA 212 ternyata kembali mengatakan acara Reuni 212 akan digelar juga di Patung Kuda. Hal itu disampaikan oleh Steering Committee Reuni 212 Slamet Ma'arif. Adapun Reuni 212 digelar dalam dua bentuk acara, yaitu aksi bertajuk 'Aksi Superdamai' yang digelar pagi hari di Patung Kuda, Jakarta Pusat, serta silaturahmi dan dialog dengan 100 tokoh. Acara ini akan digelar di Masjid Az Zikra.

Namun ternyata, belakangan Polda Metro Jaya dan Yayasan Az Zikra menolak usulan PA 212. Jadi sampai sekarang belum jelas nasib acara tersebut.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Polda Metro Jaya Tegaskan Tak Izinkan Reuni 212 Digelar!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT