detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: SDA Bakal Rapikan Sumur Resapan Lebak Bulus

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 18:49 WIB
Sumur resapan di Lebak Bulus, Jaksel, dikeluhkan pengguna jalan. Pasalnya, pengendara mesti melintas agak ke tengah jalan demi menghindari sumur resapan.
Sumur resapan di Jl Lebak Bulus III Jaksel. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sumur resapan di Jl Lebak Bulus III Jakarta Selatan membuat permukaan jalan tidak rata dan membahayakan pengendara. Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan (Sudin SDA Jaksel) bakal membuat permukaan tutup sumur resapan dengan permukaan jalan sama rata dan rapi.

"Kemarin sudah saya sampaikan ke pelaksananya. Sudah saya minta untuk segera ditindaklanjuti," kata Kepala Sudin SDA Jaksel, Mustajab, kepada detikcom, Rabu (1/12/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Selasa (30/11) kemarin, tampak retakan yang menyambung dari satu sumur resapan ke sumur lainnya. Retakan paling panjang ada di sumur resapan nomor 1323 hingga nomor 1325 dengan panjang retakan kurang-lebih 7 meter.

Sumur resapan di Lebak Bulus, Jaksel, dikeluhkan pengguna jalan. Pasalnya, pengendara mesti melintas agak ke tengah jalan demi menghindari sumur resapan.Sumur resapan di Lebak Bulus, Jaksel, dikeluhkan pengguna jalan. Pasalnya, pengendara mesti melintas agak ke tengah jalan demi menghindari sumur resapan. (Andhika Prasetia/detikcom)

Perbaikan bakal dilakukan dengan pemadatan titik-titik sumur resapan supaya permukaan tidak ambles. Pengaspalan juga bakal dilakukan dengan lebih baik.

"Saya minta, pokoknya dibikin rata jalan. Saya minta itu dikerok, dipadatkan lagi, baru diaspal yang rapi. Mengaspalnya jangan kayak menambal lubang. Saya minta itu diaspal memanjang rata," kata Mustajab.

Sebelumnya, warga menilai kondisi ini membahayakan pengguna kendaraan. Warga berharap pemerintah segera bisa membenahi kerusakan jalan yang ada terutama demi keselamatan pengguna jalan.

"Jelas bahaya, soalnya kan ini jalanan bagus, jadi orang kadang ngebut di sini. Terus ini kan retak terus jelek, bahaya juga. Soalnya kadang mobil atau yang lain nggak mau ngenain lobang ini jadi mepet ke arah sana," kata warga sekitar bernama Ilham saat ditemui detikcom di lokasi, Selasa (30/11) kemarin.

(dnu/aik)