detikcom Do Your Magic: Mobil di Pasar Minggu Tak Bisa Keluar Gegara Tanah Sumur Resapan

M Hanfi Aryan - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 17:22 WIB
Guntukan tanah sisa galian sumur resapan menumpuk di Jl Sirsak Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Tumpukan tanah galian sumur resapan menutup akses mobil. (M Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Sisa galian proyek sumur resapan air di Jalan Sirsak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, membuat warga mengeluh. Pasalnya, tumpukan tanah tersebut menutup akses keluar masuk mobil pribadi.

Warga Jalan Sirsak, Nadim Al-Farell, mengungkap bahwa galian tersebut membuat kendaraan roda empat tidak dapat melewati Jalan Sirsak. Dia mengaku tidak mengetahui bagaimana kelanjutan dari sisa galian tersebut.

"Jadi mobil juga nggak bisa, akses kita masuk sini (Jalan Sirsak). Nggak jelas ini jalannya diperbaiki apa nggak," terang Nadim Al-Farell saat dijumpai di Jalan Sirsak, Rabu (1/12/2021).

Dia juga menambahkan gundukan tanah tersebut membuat penghuni Jalan Sirsak tidak dapat menggunakan kendaraan roda empatnya. Mengingat Jalan Sirsak satu-satunya akses warga untuk ke luar rumah.

"Mobil (penghuni) nggak bisa keluar. Nggak bisa. Kalau rumah yang di sini (Jalan Sirsak) satu-satunya aksesnya," sambungnya.

Tim detikcom sempat melihat kendaraan roda empat mencoba mengakses Jalan Sirsak. Namun, karena ada 4 tumpukan tanah yang berada di bahu jalan, akhirnya mobil tersebut terpaksa memutar arah.

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan menyatakan bakal membereskan gundukan tanah itu. "Laporan sudah saya terima," kata Kepala Suku Dinas SDA Jaksel, Mustajab, kepada detikcom Do Your Magic, Rabu (1/12/2021).

Keluhan warga soal gundukan tanah sisa galian sumur resapan itu juga disampaikan warga ke Gubernur Anies Baswedan dan Pemprov DKI Jakarta via Twitter. Mustajab kini sudah meminta bantuan Kepala Satuan Pelaksana SDA Pasar Minggu untuk membereskan masalah itu.

"Sudah saya perintahkan teman-teman Kasatel untuk membantu membuang tanahnya, biar segera tidak mengganggu masyarakat, biar bersih," kata Mustajab.

(aik/aik)