Mensesneg: Sampai Sekarang Ini Tidak Ada Rencana Reshuffle

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 16:10 WIB
Mensesneg Pratikno
Mensesneg Pratikno (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Isu reshuffle di awal Desember 2021 kembali mencuat. Mensesneg Pratikno menyebut belum ada rencana reshuffle kabinet dalam waktu dekat ini.

"Setahu saya tidak ada rencana tersebut. Jadi, pokoknya semua menteri tetap bekerja seperti biasanya, semua wamen tetap bekerja seperti biasanya, jadi kita juga terus waspada," kata Pratikno kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Pratikno memastikan semua menteri tetap bekerja, apalagi saat ini muncul Corona varian Omicron. Pemerintah, kata Pratikno, ingin memastikan kasus Corona terkendali dan perekonomian bergerak.

"Apalagi ini kan COVID itu ada varian baru Omicron. Kita harus waspada apalagi kemudian ada nataru, libur Natal dan tahun baru. Jadi kita antisipasi. Jadi bagaimana perekonomian tetap bergerak, tetapi COVID tetap terkendali. Jadi semua fokus bekerja," ujar Pratikno.

Saat ditanya kembali soal kemungkinan reshuffle di akhir tahun, Pratikno kembali menjawab hal yang sama. Termasuk saat dia ditanya soal kemungkinan reshuffle setelah PAN bergabung ke parpol pendukung pemerintah.

"Sampai saat ini tidak ada rencana. Jadi semua fokus bekerja. Sampai sekarang ini belum ada rencana, sampai sekaranglah ya," ujar Pratikno.

Isu reshuffle sebelumnya diembuskan oleh Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. Dia mendengar kabarnya reshuffle kabinet bakal dilakukan Rabu Pon, 8 Desember 2021.

"Saya dengar juga isunya begitu (Rabu Pon 8 Desember), katanya sih," kata Yandri kepada wartawan, di gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Meski begitu, Yandri mengatakan reshuffle kabinet tetap hak prerogatif Jokowi. Dia menekankan PAN akan mengikuti arahan Jokowi soal kabinet.

"Tapi kan itu hak prerogatif Pak Jokowi. Kalau PAN itu manut sajalah, kapan mau reshuffle," ucapnya.

Lebih lanjut, Yandri menyebut PAN sudah menyiapkan kader jika memang diajak masuk Jokowi masuk ke kabinet. Dia menyebut sejumlah nama, seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno, hingga Ketua DPP PAN Soetrisno Bachir.

"Kita sudah siapkan kader. Sudah sering saya sampaikan. Banyak kader PAN yang siap untuk membantu pemerintahan Pak Jokowi dan PAN memang sudah," ujarnya.

(knv/gbr)