Desas-desus Reshuffle Muncul Lagi, Jokowi Belum Isi Kursi 4 Wamen Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 16:12 WIB
Poster
Ilustrasi reshuffle kabinet (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Desas-desus reshuffle Kabinet Indonesia Maju muncul lagi. Dikabarkan, sejumlah kursi menteri bakal dikocok ulang, bahkan ada yang diisi nama baru. Siapa mereka?

Namun, sebelum menduga-duga posisi menteri apa yang bakal dirombak atau nama baru yang akan masuk kabinet, perlu diingat bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengatur posisi empat wakil menteri (wamen).

Sejak Mei hingga Oktober 2021, Jokowi setidaknya menandatangani lima peraturan presiden (perpres) yang mengatur perihal posisi wamen. Ada posisi Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN-RB) dan Wamen ESDM.

Berikut 4 kursi wamen yang masih lowong:

WamenPAN-RB

Presiden Jokowi meneken perpres yang mengatur posisi WamenPAN-RB pada 19 Mei 2021. Kursi WamenPAN-RB itu diatur dalam Perpres Nomor 47 Tahun 2021, di Pasal 2 ayat (1). Berikut bunyi pasalnya.

Pasal 2
(1) Dalam memimpin Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden.

Wamendikbud-Ristek

Posisi Wakil Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Wamendikbud-Ristek) diatur dalam Perpres Nomor 62 Tahun 2021 tentang Kemendikbud-Ristek. Perpres tersebut mulai berlaku pada 16 Juli 2021.

"Dalam memimpin kementerian, menteri dibantu oleh wakil menteri sesuai dengan penunjukan Presiden," demikian tertulis dalam Pasal 2 ayat (1) perpres dimaksud.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: PAN Dengar Kabar Jokowi Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021

[Gambas:Video 20detik]