Lantik Pejabat Tinggi Pratama, Bupati Kebumen Tekankan Jaga Integritas

Rinto Heksantoro - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 15:55 WIB
Pelantikan ASN di Kebumen
Foto: detikcom/Rinto Heksantoro
Jakarta -

Sebanyak 7 ASN di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kebumen dilantik. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang melantik Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator tersebut berpesan agar mereka mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Pelantikan dan sumpah jabatan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati hari ini. Arif menyampaikan pejabat yang dilantik adalah mereka yang sudah melalui ujian atau tes secara profesional, kompeten dan transparan. Bagi yang memiliki nilai tinggi, maka jabatan naik dari eselon III menjadi eselon II.

"Berbahagialah, karena jabatan ini amanah, maka harus dijaga dengan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawabnya," kata Arif Sugiyanto, Rabu (1/12/2021).

Arif juga berpesan kepada para pejabat yang dilantik agar senantiasa bersikap responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi. Dalam pelantikan ini ada juga pejabat eselon II yang hanya dirotasi.

"Pejabat Tinggi Pratama sebagai pemimpin juga harus mempunyai wawasan jauh ke depan. Berani dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistemik untuk kepentingan organisasi," ujarnya.

Selama ini, Arif menambahkan, pihaknya turut mendorong para kepala dinas dan camat bisa mengejar target, termasuk di sektor pendapatan daerah sehingga bisa memastikan tersedianya dana yang dibutuhkan untuk mencapai kinerja organisasi.

"Bila dana tersedia, maka kita bisa membangun dan melayani warga sesuai perencanaan," katanya.

Adapun pejabat yang dilantik yakni Pudji Rahaju sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kebumen, Edi Rianto sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Sukamto sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

Kemudian ada Udy Cahyono yang dilantik sebagai Kepala Satpol PP, Budhi Suwanto sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Yanie Giat Setyawan sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Terakhir, ada Tamim Sobri yang dilantik sebagai Camat Karanganyar.

(ncm/ega)