Detik-detik Pengungsi Afghanistan Bakar Diri di Depan UNHCR Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 14:39 WIB
bakar diri
Tangkapan layar video viral pengungsi Afghanistan bakar diri di UNHCR Medan (Dok. Istimewa)
Medan -

Pengungsi Afghanistan bernama Ahmad Syah (20) melakukan aksi bakar diri di depan kantor UNHCR di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Begini rangkaian peristiwa aksi bakar diri Ahmad yang saat ini terbaring lemas di ruang ICU rumah sakit di Medan.

Koordinator pengungsi Afghanistan di Medan, Juma, mengatakan, sejak Selasa pagi (30/11/2021), korban telah berada di lokasi tempat di mana pengungsi itu menggelar aksi nginap di depan kantor UNHCR Medan. Lalu, korban mengobrol ke pengungsi lainnya dan mengatakan dia akan melakukan aksi bakar diri. Awalnya, kata Juma, mereka tidak percaya dengan omongan korban.

"Dari pagi sudah di sini, kawan-kawan saya sudah ngobrol sama dia dan dia memang bilang saya akan bakar diri, tapi kita nggak percaya, kita gimana bisa percaya sama dia, dia bisa bunuh diri dengan membakar badannya. Di situ kita nggak percaya," kata Juma kepada wartawan, Rabu (1/12).

Setelah itu, Ahmad diam-diam naik dan berada tepat di depan gedung UNHCR. Saat berada di situ, dia pun langsung menyiramkan dirinya dengan minyak.

"Dia bawa minyaknya di botol, dia sudah naik langsung siram," ujar Juma.

Juma menyebut setelah dia menyiram minyak ke tubuhnya, lalu empat orang pengungsi lainnya langsung naik. Dia sempat meminta pengungsi lainnya tidak mendekat, dia pun menjauhkan diri.

"Dia tidak mau dekat, jauhkan diri. Jangan dekat, jangan dekat. Ini bahaya ini bahaya," sebut Juma menirukan ucapan Ahmad Syah.

Empat orang yang telah mendekat itu berupaya yang terbaik agar Ahmad tidak melakukan aksinya. Namun usaha itu sia-sia lantaran Ahnad langsung menyalakan api yang ada pada mancis yang dipegangnya.

"Empat kawan saya sudah usahakan yang terbaik mau tangkap dia dan mau pegang tangan dia, mereka tidak sukses. Dia ada dua mancis kanan kiri, ketika kawan saya sudah dekat ya dia langsung membakar diri. Pas mau ditangkap langsung nyala apinya," ucap Juma.

Setelah itu, satpam gedung langsung menyiram dengan menggunakan semprotan api. Juma berdoa agar temannya itu kembali sehat.

"Kita harap bisa kembali dengan kesehatan yang baik," ucap Juma.