detikcom Do Your Magic: Got Jati Rahayu Dibereskan, Namun Masih Ada Sisa Sampah

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 12:56 WIB
Sebagian sampah di Jalan Pintu Air, kelurahan Jati Rahayu, Pondok Melati, Kota Bekasi, dibersihkan.
Sebagian sampah di Jalan Pintu Air, kelurahan Jati Rahayu, Pondok Melati, Kota Bekasi, sudah diangkut. (M Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Sampah di got yang terletak di Jl Pintu Air, Kelurahan Jati Rahayu, Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, sudah jauh berkurang. Pemerintah telah membersihkan got tersebut meski belum 100 persen bebas sampah.

Pantauan tim detikcom pada Rabu (1/12/2021) siang, terlihat got di Jl Jati Rahayu tersebut sudah berangsur bersih dari sampah rumah tangga, seperti minuman dalam kemasan, bungkus makanan ringan, hingga plastik belanjaan.

Aliran got masih tersendat. Sisa sisa sampah yang belum diangkut membuat sumbatan di bawah jembatan.

Tidak hanya di aliran got, di pinggir got tersebut juga ditemukan sampah rumah tangga dan sampah kayu yang masih belum sempat dibersihkan.

Sekretaris Lurah Jati Rahayu, Karya Sukma Wijaya, memastikan got tersebut memang sudah dibersihkan oleh pihak terkait.

"Sudah dibersihkan, oleh Dinas terkait," ujar Karya, Rabu (1/11).

Diketahui, sampah menumpuk di saluran air Jl Pintu Air, sudah berlangsung lama. Musim hujan membuat kondisi sampah makin parah.

Potret lokasi ini sudah dipantau mata kamera detikcom, tiga pekan lalu, yakni Kamis (11/11) lalu. Kini, sampah masih saja menumpuk di lokasi.

Kamis (25/11), detikcom Do Your Magic melihat tumpukan sampah memenuhi aliran saluran air yang berada dekat Pasar Pondok Gede ini. Lokasi tumpukan sampah persis di persimpangan Jl Pintu Air dengan Jl Raya Jatimakmur.

Sampah terdiri atas sampah rumah tangga dan plastik serta botol minuman. Tak hanya itu, tumpukan sampah tersebut pun membuat air di saluran itu berubah menjadi warna hitam kecokelatan.

Bau tak sedap pun keluar dari saluran air tersebut dan menimbulkan kerumunan lalat yang begitu banyak.

(aik/aik)