detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Kelurahan Janji Bersihkan Got Jati Rahayu dari Sampah

Marteen Ronaldo Pakpahan - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 15:38 WIB
Sampah menumpuk dan menyumbang saluran air di jalan Pintu Air, Jati Rahayu, Kota Bekasi, Kamis (11/11/2021). Begini penampakannya.
Sampah di Jl Pintu Air, Jati Rahayu, Kecamatan Pondok Melati, Bekasi. (Rengga Sencaya/detikcom)
Bekasi -

Sampah menumpuk di got Jl Pintu Air, tak jauh dari Pasar Pondok Gede. Pihak Kelurahan Jati Rahayu di Kota Bekasi berjanji akan melakukan pembersihan got itu supaya bebas sampah dan #CegahBanjir.

"Kita bukannya tinggal diam, akan tetapi kita tetap berusaha. Hari ini pun akan langsung berkoordinasi dengan DLH untuk menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh warga masyarakat," kata Sekretaris Lurah Jati Rahayu, Karya Sukma Wijaya, saat ditemui, Kamis (25/11/2021).

Pembersihan akan dilakukan untuk mengubah potret kekumuhan yang berada di sekitar wilayah tersebut. Soalnya, kawasan yang dikotori sampah dan rawan tergenang air got itu cukup strategis, yakni menjadi akses ke Pasar Pondok Gede.

"Karena itu (lokasi tumpukan sampah) adalah 'wajah' kita, yang lalu lalang dari berbagai macam warga masyarakat yang tidak tinggal di sini. Jadi kelihatannya sangat kumuh," kata Sukma Wijaya.

Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Ia berjanji tidak akan diam dengan permasalahan yang terjadi di wilayahnya dan mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar. Dia berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi supaya sampah di saluran air itu bisa segera diangkut, apalagi saat ini adalah musim hujan, maka saluran air harus lancar.

"Mungkin hari ini DLH akan langsung saya komunikasikan untuk tindak lanjutnya," ujarnya.

Masalah lainnya, sampah menumpuk di situ karena terganjal oleh kabel melintang di bawah jembatan Jl Raya Jati Makmur. Kelurahan Jati Rahayu akan berkoordinasi dengan kelurahan tetangganya untuk juga membereskan masalah kabel yang menghambat aliran air itu.

"Di posisi bawahnya itu ada kabel. Kita sudah koordinasi dengan kelurahan sebelah untuk masalah kabel. Soalnya, dengan adanya kabel itu, aliran air terhambat," kata Sukma Wijaya.

Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Sampah di Jl Pintu Air, Jati Mulya, Kota Bekasi, dikeluhkan warga, 25 November 2021. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Dia menjelaskan kondisi tumpukan sampah bahkan sempat lebih parah pada pekan lalu. Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, terlihat tumpukan sampah memenuhi aliran saluran air yang berada dekat Pasar Pondok Gede.

Sampah tersebut terdiri atas sampah rumah tangga dan plastik serta botol minuman. Tak hanya itu, tumpukan sampah tersebut pun membuat air di saluran tersebut berubah menjadi warna hitam kecokelatan.

Lihat juga Video: Penampakan Tumpukan Sampah Sisa Banjir di Cijerah Bandung

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)