Strategi Polda Metro Bikin Malam Natal-Tahun Baru di Jakarta Sepi

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 08:10 WIB
Crowd Free Night Artinya Apa? Siap-siap Berlaku di Jakarta Akhir Pekan
Ilustrasi jalanan Jakarta sepi saat crowd free night (ANTARA/RENO ESNIR)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kerumunan pada malam Natal dan tahun baru 2022. Upaya ini dilakukan untuk mencegah potensi penularan COVID-19.

Meski saat ini Jakarta sudah pada level 1 PPKM, Polda Metro Jaya akan melakukan upaya untuk mencegah kerumunan terjadi. Salah satu strateginya yakni dengan menerapkan crowd free night.

"Persiapan untuk malam Natal dan tahun baru rencana kami adakan crowd free night," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11).

Jakarta Akan Dibuat Sepi

Sambodo mengatakan pihaknya akan menerapkan konsep car free night (CFN) di beberapa tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Dengan adanya CFN ini, Jakarta akan dibuat sepi.

"Kami akan buat Jakarta sepi di malam tahun baru, walaupun saat ini sudah PPKM level 1," katanya.

Pemeriksaan SIKM kepada Pengguna Jalan

Lebih lanjut, Sambodo menyebut pihaknya tidak akan melakukan penyekatan di ruas-ruas jalan di Jakarta. Akan tetapi, Polda Metro Jaya berencana mendirikan sejumlah check point untuk melakukan pemeriksaan surat izin keluar masuk (SIKM) kepada para pengguna jalan.

"Natal tak ada penyekatan, tapi kami akan laksanakan check point. Tapi apa yang kami cek, kami tunggu pemerintah apakah SIKM atau cukup dengan PeduliLindungi atau tempel stiker. Detail akan kami sampaikan jelang 24 Desember saat dimulai Operasi Lilin," tutur Sambodo.

Simak video 'Menko PMK: Saya Luruskan, Bukan Berarti Seluruh Daerah Level 3 Saat Nataru':

[Gambas:Video 20detik]




Simak lokasi-lokasi yang akan diterapkan CFN, di halaman selanjutnya....