Kapolda ke Warga Sumut Jelang Nataru: Jika Tak Penting, Tak Usah Mudik

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 00:52 WIB
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra (Arfah-detikcom)
Foto: Kapolda Sumut Irjen Panca Putra (Ahmad Arfah Fansuri Lubis/detikcom)
Medan -

Polda Sumatera Utara (Sumut) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama Forkopimda Sumut jelang natal dan tahun baru. Kapolda Sumut Irjen Panca Putra meminta masyarakat untuk tidak usah mudik.

Rapat koordinasi lintas sektoral tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Mapolda Sumut, Selasa (30/11/2021) sore itu, dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeckshah dan dihadiri oleh Pangdam Bukit Barisan serta Forkopimda Sumut. Setelah rapat, Forkopimda juga melakukan simulasi pengamanan Natal dan tahun baru.

"Dari hasil rapat tadi yang pertama kita siap untuk seluruh kepala dinas dan kementerian lembaga yang terkait siap untuk menghadapi pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru," kata Irjen Panca Putra.

Selanjutnya, untuk menyukseskan pengamanan Natal dan tahun baru, kata Irjen Panca, dibutuhkan sejumlah langkah strategis dan kerjasama lintas sektoral. Langkah-langkah itu, kata Panca, salah satunya dengan memaksimalkan vaksinasi terhadap warga.

"Kegiatan masyarakat yang tidak penting lebih baik kita sepakati untuk dilaksanakan di rumah saja. Kegiatan mudik kalau tidak penting tidak usah, kita imbau untuk masyarakat mau mentaati ini demi kesehatan kita bersama di Sumut," ucap Panca.

Kemudian, untuk menjaga kegiatan Natal dan tahun baru, pihaknya melakukan berbagai langkah di mana salah satunya yaitu Operasi Lilin Toba Tahun 2021. Operasi itu bakal digelar mulai tanggal 24 Desember hingga 2 Januari 2022.

"Kita akan melaksanakan berbagai cara yang pertama kita akan melaksanakan, tempatkan pos-pos pengamanan dan pos-pos cek poin untuk memastikan bahwa masyarakat yang melaksanakan perjalanan itu dalam keadaan sehat. Makanya salah satu cara yang dapat kita lihat kita simulasikan pelaksanaan pos pengamanan tugasnya dalam rangka memastikan masyarakat yang lewat baik itu masuk ke Sumatera Utara maupun yang lewat antar kabupaten- kota," sebut Panca.

"Yang paling utama adalah kesadaran masyarakat itu poin penting kita harus bersama-sama sepakat ancaman saat ini adalah pandemi COVID lebih baik kita di rumah minimalisir kegiatan yang tidak penting kita lewati dan rayakan dan tahun baru dalam situasi yang lebih kondusif di rumah masing-masing," ucap Panca.

Panca menyebut personel disebar di 33 kabupaten-kota di Sumut, terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, tim SAR, Bina Marga, PUPR sekaligus BMKG.

Untuk diketahui, ada sekitar 177.212 personel gabungan yang bakal dilibatkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru. Kemudian ada pula 3.159 pospam dan ada 1.113 posyan yang disiagakan.

(isa/isa)