Jambore PKK Medan, Kahiyang Dorong Kader Tingkatkan Kualitas & Kinerja

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 21:10 WIB
Pemkot Medan
Foto: Dok. Pemkot Medan
Jakarta -

Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution menghadiri Jambore PKK Kota Medan Tahun 2021 di Ballroom Hotel Grand Mercure Angkasa Medan, Senin (29/11). Berlangsung pada 29-30 November 2021, Jambore ini menghadirkan berbagai kegiatan seperti outbound, lomba tutorial makeup, dan pemberian penghargaan kepada kader TP PKK Kota Medan.

Dalam sambutannya, Kahiyang mengatakan pelaksanaan Jambore PKK ini sudah direncanakan sejak lama sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja kader. Namun pandemi COVID-19 membuat acara ini baru bisa dilaksanakan.

"Digelarnya Jambore ini karena saya ingin bersilaturahmi dan kenal lebih dekat dengan seluruh kader TP PKK Kota Medan. Selain itu ini juga merupakan sarana kita untuk lebih meningkatkan kualitas dan kinerja para kader selaras dengan program Pemko Medan," kata Kahiyang dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Kahiyang menjelaskan berbagai kegiatan dilakukan dalam Jambore PKK ini. Salah satunya seperti tutorial makeup dengan menghadirkan makeup artist dari Jakarta. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para kader, khususnya TP PKK Kecamatan.

"Sebagai panutan di daerah masing-masing sudah sepatutnya kita perempuan dapat membawa diri, membanggakan suami bahkan menjaga nama baiknya," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kahiyang juga berterima kasih kepada makeup artis dari Jakarta Victoria dan pendukung kegiatan ini. Ia mengapresiasi atas dukungan yang diberikan dan ilmu pengetahuan yang diberikan kepada para kader Jambore PKK.

"Terima kasih kepada Vitoria Makeup Artis dan Wardah yang telah memberikan ilmu pengetahuan melalui tutorial Makeup kepada peserta Jambore PKK," ungkapnya.

Dengan adanya Jambore ini, Kahiyang berharap seluruh kader dapat menjaga silaturahmi dan kekompakannya dalam menjalankan seluruh program pokok PKK dan membantu program Pemko Medan.

"Kita harus bersama-sama saling membantu termasuk merangkul warga untuk ikut berperan dalam mendukung program kerja. Dengan begitu saya optimis Medan bisa lebih maju dan berkah," sebutnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan mengungkapkan kegiatan Jambore PKK merupakan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan sekaligus menjalin persaudaraan seluruh Kader TP PKK Kota Medan.

"Jambore ini juga diharapkan dapat melahirkan kader PKK yang tangguh dengan tujuan ke depannya dapat terciptanya kesejahteraan masyarakat dan meningkatkannya gerakan pemberdayaan program kesejahteraan serta pembangunan," katanya.

Sofyan menyampaikan OPD di lingkungan Pemko Medan dan TP PKK Kota Medan harus dapat berkolaborasi dan bekerja sama, baik untuk merangkul masyarakat dan menjalani program pembangunan Kota Medan. Sofyan juga mengajak TP PKK Kecamatan untuk ikut melaksanakan program Pemko Medan, terutama di bidang kebersihan lingkungan.

"TP PKK Kecamatan maupun Kelurahan diminta untuk dapat membenahi lingkungan masing-masing dengan membuat indah dan cantik lingkungannya termasuk menjaga kebersihan dan mewadahi sampah sesuai dengan jenisnya," ujarnya.

Di sisi lain, Ketua TP PKK Kecamatan Medan Baru mengucapkan terima kasih kepada Kahiyang yang telah menggelar Jambore PKK ini. Ia pun mengaku bangga memiliki pemimpin seorang putri presiden.

"Sejak Ketua TP PKK Kota Medan dilantik, kami para pengurus dan kader merasa waw karena putri Presiden RI menjadi pemimpin kami. Hal tersebut juga membuat kami serba salah dan segan. Namun, rasa itu seketika hilang saat Ketua TP PKK Kota Medan berkunjung ke wilayah," ungkapnya.

"Ternyata ibu begitu humble kepada kami, ramah dan murah senyum. Kami bangga dan senang bisa dipimpin Ibu. Atas nama seluruh kader kami mengucapkan Terima kasih kepada ibu Ketua TP PKK Kota Medan yang telah menggelar Jambore PKK," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Jambore PKK, Asmalita Zulkarnain dalam laporannya mengatakan Jambore ini digelar selain sebagai sarana silaturahmi juga untuk menambah wawasan pengetahuan persaudaraan di antara kader TP PKK Kota Medan.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut, Kahiyang dan Pengurus TP PKK Kota Medan memberikan hadiah kepada pemenang lomba tutorial makeup dan memberikan penghargaan kepada kader PKK yang telah mengabdi selama 15 tahun, 10 tahun dan 5 tahun. Turut hadir di antaranya Kadis P3APM Edliaty Siregar, Kadis PP&KB Suryadi Panjaitan, Plt Kadis Kominfo Mansursyah dan Seluruh Camat se-Kota Medan.

(akn/ega)