Makin Praktis, Bayar Tiket Kereta Api Kini Bisa Pakai KAIPay

Nada Zeitalini - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 19:49 WIB
KAIPay
Foto: KAI
Jakarta -

Perkembangan teknologi di era digital menghasilkan berbagai produk inovasi. Berbagai teknologi digital diciptakan untuk mengedepankan keamanan, kemudahan, dan kecepatan untuk membantu masyarakat melakukan dalam aktivitas sehari-hari.

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari kemajuan teknologi adalah kemudahan untuk melakukan berbagai jenis transaksi secara online. Salah satu pendukung transaksi online saat ini yaitu tersedianya dompet digital yang bisa digunakan dengan cepat dan mudah.

Dompet digital menjadi tipe pembayaran secara online melalui suatu aplikasi. Sehingga dalam penggunaannya maka penggunanya perlu mengirimkan sejumlah uang elektronik lebih dulu ke akun dompet digital milik mereka. Uang elektronik tersebut akan berubah menjadi saldo yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun.

Melihat besarnya peluang transformasi digital dalam ranah transaksi pembayaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga turut menggencarkan transformasi digital. Sebagai bentuk mengakselerasi kemajuan perusahaan, PT KAI meluncurkan aplikasi dompet digital KAIPay.

Peluncuran KAIPay ini dilaksanakan pada Kamis (18/11), di Stasiun Gambir. VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengungkapkan KAIPay merupakan wujud inovasi KAI untuk meningkatkan layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access.

"Kami berkomitmen untuk selalu merespons permintaan pasar dan perkembangan zaman, adaptif untuk selalu menghadirkan inovasi berupa transformasi digital guna memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan, KAIPay dihadirkan untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access," ujar Joni dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

KAIPay hadir untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran tiket kereta api. Dengan KAIPay pula pelanggan jadi tidak perlu berpindah aplikasi mulai dari pemesanan tiket hingga pembayaran. Selain digunakan untuk membayar tiket, KAIPay juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, serta berbagai produk yang tersedia di aplikasi KAI Access.

Keamanan dalam penggunaan KAIPay ini juga cukup baik, karena dalam setiap transaksi menggunakan PIN sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. Keuntungan lainnya adalah pelanggan terbebas dari biaya tambahan lainnya, hanya cukup membayar sesuai tarif yang tertera saja.

Untuk dapat menggunakan KAIPay, pelanggan harus mengupdate aplikasi KAI Access-nya minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104. Kemudian klik ikon KAIPay pada halaman beranda untuk aktivasi kemudian lengkapi identitas dan lakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp atau SMS. Terakhir, buat PIN untuk keamanan transaksi.

KAIPay ini merupakan kerjasama co branding antara KAI dengan KasPro yang telah disetujui oleh Bank Indonesia. Sementara itu, PT Pulau Media juga menjadi mitra bisnis KAI sekaligus pihak yang berperan melakukan pengembangan aplikasi KAI Access, KAIPay, penyediaan produk asuransi, Payment Point Online Banking, dan lainnya yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi digital pada KAI Access.

Selain KAIPay, KAI juga telah memberikan inovasi di bidang digital lainnya dengan menghadirkan Program Loyalitas Rail Point dan sistem pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), LinkAja, direct debit, dan beragam metode pembayaran lainnya di KAI Access.

Diluncurkannya KAIPay menambah list manfaat yang diberikan KAI sebagai langkah menyediakan layanan transportasi yang terus berkembang, memenuhi kebutuhan pelanggan, dan membentuk ekosistem transportasi terbaik bagi masyarakat. Hadir memberikan tambahan solusi pembayaran yang mudah dan cepat. Meningkatkan minat masyarakat menggunakan jasanya dalam melakukan perjalanan menggunakan kereta api secara praktis dan efisien.

"Untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya, KAI akan terus berupaya memaksimalkan peningkatan yang dapat dilakukan dengan KAIPay. Ke depannya, KAIPay akan terus dikembangkan untuk dapat melakukan berbagai transaksi yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya," tutup Joni.

(fhs/ega)