Polisi Usut Provokasi Kader PP Keroyok AKBP Dermawan: Terencana atau Spontan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:21 WIB
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat (do.istimewa)
Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Kasus pengeroyokan ormas Pemuda Pancasila terhadap AKBP Dermawan Karosekali hingga saat ini masih ditelusuri polisi. Polisi mengatakan ada yang menggerakkan atau memprovokasi sehingga pengeroyokan itu terjadi.

"Ada yang menggerakkan provokasi, baik secara langsung maupun tidak langsung seperti yang itu," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Tubagus mengatakan pihaknya masih mendalami mengenai provokasi ini. Dia menyebut penyidik masih menelusuri adanya perintah provokasi yang direncanakan atau spontan.

"Kita dalami apa ada perintah khusus atau tidak, ataukah kegiatan spontan yang terprovokasi pada saat hari-H dan jamnya," katanya

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menetapkan lima tersangka baru dalam kasus pengeroyokan oleh anggota ormas Pemuda Pancasila (PP) terhadap AKBP Dermawan Karosekali. Kelima tersangka berinisial AS (18), WH (35), DH (23), ACH (29) dan MDK (25) memiliki peran yang berbeda-beda.

"AS perannya mengejar, menarik, pukul korban dengan tangan kosong, WH memprovokasi dan mengejar korban, DH perannya mengejar, memukul dan menendang korban, ACH memukul korban dengan kayu dan MDK mengejar dan menarik lalu memukul dengan tangan kosong," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra kepada wartawan, Selasa (30/11/2021).

Kelima tersangka dikenai Pasal 170 KUHP dan/atau Pasal 212 KUHP dan/atau 216 KUHP dan/atau 218 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun 6 bulan.

"Tersangka ini adalah anggota Pemuda Pancasila," ujarnya.

Pengeroyokan terhadap AKBP Dermawan itu diketahui terjadi pada saat demo ormas Pemuda Pancasila yang berakhir ricuh di depan gedung DPR RI pada Kamis (25/11).

Ada 16 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka demo ricuh tersebut, 15 di antaranya karena kepemilikan senjata tajam. Total kini ada 21 tersangka yang ditetapkan polisi dalam kejadian tersebut.

Simak Video: AKBP Dermawan Korban Pengeroyokan Oknum PP Kondisinya Kini Membaik

[Gambas:Video 20detik]



(lir/mea)