TNI-Polri Apel Siaga Perketat Keamanan Timika Papua Jelang 1 Desember

Saiman - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 16:32 WIB
Apel siaga TNI-Polri perketat pengamanan di Timika Papua jelang 1 Desember. (Saiman/detikcom)
Apel siaga TNI-Polri memperketat pengamanan di Timika Papua menjelang 1 Desember. (Saiman/detikcom)
Timika -

Personel TNI-Polri menggelar apel siaga guna memperketat pengamanan wilayah Papua menjelang 1 Desember besok. Pasukan akan disiagakan di sejumlah titik selama 24 jam.

Wakapolres Mimika Kompol Sarraju mengatakan apel gabungan yang dilaksanakan hari ini untuk menyiapkan pasukan dalam kesiapsiagaan pengamanan pada bulan Desember. Sebab, pada Desember ada peningkatan aktivitas masyarakat, seperti perayaan Natal dan tahun baru.

"Kami harap jajaran selalu siap siaga karena pada Desember ada peningkatan aktivitas masyarakat, baik itu warga maupun kelompok," Kata Sarraju dalam apel jajaran di Mimika, Selasa (30/11/2021).

Sarraju menambahkan, pada Desember ini diharapkan warga tetap tenang dan menjalankan aktivitas normal. Aparat keamanan di Timika selalu siap mengamankan warga.

"1 Desember, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan," tegasnya.

Pengamanan 1 Desember, jajaran akan disebar di seluruh wilayah dibantu aparat dari TNI. Sementara itu, Kasdim 1710/Mimika Mayor Ahmadi Arif mengatakan pihaknya selalu siap membantu aparat kepolisian untuk menjaga situasi aman dan damai di Mimika.

"Kami siap membantu aparat kepolisian, kami harap masyarakat dapat membantu kami. Kalau ada apa-apa, segera laporkan kepada kami," kata Mayor Ahmadi di Mapolres Mimika.

Sebelumnya, Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan pihaknya mengaku akan memperketat objek vital PT Freeport menjelang 1 Desember. Polisi berkoordinasi dengan satgas yang ada di Timika seperti Satgas Nemangkawi dan juga satgas pengamanan Freeport.

"Menjelang 1 Desember kita akan memperketat pengaman di area Freeport dengan bekerja sama dengan satgas yang ada," kata Era, Senin (15/11).

Polisi memperketat pengamanan pada 1 Desember yang kerap diperingati kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Era mengaku sudah mulai melakukan pencegahan sehingga, walaupun ada peningkatan eskalasi keamanan, pihaknya telah siap menghadapinya.

"Kalaupun ada gangguan, kita sudah siap, tapi sampai saat ini kondisi masih aman," tambah Era.

(nvl/jbr)