Ini yang Bikin DKI Jakarta Naik ke PPKM Level 2

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 12:37 WIB
Geliat Restoran Mall di Jakarta Sambut PPKM Level 1
DKI Jakarta masuk PPKM level 2 lagi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Status PPKM DKI Jakarta kembali naik ke level 2 dalam perpanjangan PPKM Jawa Bali dua minggu ke depan. Ada dua hal yang menyebabkan PPKM DKI Jakarta naik ke level 2.

Melalui siaran pers, Senin (29/11/2021), Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman dan Investasi (Marves) menyampaikan ada juga 8 kabupaten/kota yang masuk PPKM level 1. Hal ini didasari asesmen dilakukan pada 27 November 2021.

Selain itu, disampaikan 10 kabupaten/kota di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) kembali ke PPKM level 2. Ada dua hal yang menyebabkan DKI Jakarta naik ke PPKM level 2.

Tracing Turun

Kemenko Marves merujuk kepada asesmen dari WHO. Diketahui bahwa tracing (penapisan) di Jabodetabek menurun.

"Berdasarkan asesmen dari World Health Organization (WHO), 10 kabupaten/kota yang kembali ke level 2 di antaranya berada di wilayah Jabodetabek yang terjadi akibat turunnya angka tracing (penapisan) anggota aglomerasi di wilayah Jabodetabek," demikian keterangan Kemenko Marves.

Sementara itu, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penerapan PPKM Jawa-Bali menunjukkan tren cukup stabil. mengatakan penambahan kasus positif COVID-19 baru cukup rendah.

"Penerapan PPKM yang masih terus dilakukan di Jawa-Bali menunjukkan tren yang cukup stabil," kata Luhut.

Simak Video: DKI PPKM Level 2 Jelang Nataru, Riza: Warning Agar Disiplin Prokes

[Gambas:Video 20detik]