Layanan Kesehatan Digital Dinilai Bantu Masyarakat di Masa Pandemi

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 09:23 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

Kehadiran layanan kesehatan digital seperti Mobile JKN milik BPJS Kesehatan dinilai sangat membantu masyarakat di masa pandemi. Pasalnya, fitur-fitur pada aplikasi tersebut memudahkan masyarakat untuk pendaftaran peserta, mengubah data kepesertaan, hingga melakukan pendaftaran layanan di FKTP.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kepala UPTD Puskesmas Pemulutan Maimunah (50). Ia mengatakan bahwa aplikasi Mobile JKN ini sangat membantunya dalam mengelola dan memanfaatkan pelayanan Program JKN-KIS.

"Bisa dibilang Mobile JKN ini aplikasi yang serba ada. Saya telah lama menggunakan aplikasi Mobile JKN ini, selama menggunakan aplikasi ini banyak sekali kemudahan yang saya dapatkan dan saya pun telah menyampaikan tentang penggunaan aplikasi ini pada masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggal saya dan sekitar Puskesmas Pemulutan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Maimuna juga mengapresiasi kemudahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN ini. Pasalnya, peserta JKN-KIS tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan perubahan data, perubahan fasilitas kesehatan, perubahan kelas, dan berbagai urusan administratif lainnya.

"Kami akan terus berupaya melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Mobile JKN ini kepada masyarakat utamanya peserta yang terdaftar di fasilitas kesehatan kami. Peserta akan kami edukasi untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN untuk kemudahan pelayanan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan," imbuhnya.

Ia berharap semakin banyak peserta menggunakan aplikasi Mobile JKN sehingga peserta semakin merasakan manfaat aplikasi Mobile JKN dengan berbagai kemudahan untuk kemudahannya.

(akd/ega)