6 Fakta Pengemudi Demensia Lawan Arah di Tol Berasa Mau Kerja

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 23:16 WIB
Mercy lawan arah di Tol JORR hingga tabrak 2 kendaraan
Mercy lawan arah di Tol JORR hingga tabrak 2 kendaraan (dok. istimewa)

5. Lawan Arah di Putaran Balik Khusus Petugas

Adapun kecelakaan itu terjadi di Km 53.800 Tol JORR Cakung arah selatan. Namun pengemudi Mercy tiba-tiba lawan arah dengan mengakses putaran yang khusus untuk petugas putar balik.

"Sebelum itu ada potongan (tempat putaran khusus petugas) itu di tengah, nah dia ngambilnya (lawan arah) dari situ. Tiba-tiba lawan arus langsung ngambil jalan itu, kemudian terjadilah kecelakaan itu," ujar Argo.

Dari rekaman CCTV di ruas jalan tol, terpantau pengemudi Mercy melawan arah di putaran khusus petugas.

"Yang pasti kalau dari CCTV, kemudian dari saksi-saksi dan video yang beredar orang ini ya jalan biasa. Tiba-tiba melawan arah berputar arah di putaran yang hanya diperbolehkan untuk petugas, lalu melawan arah.


6. Status Pengemudi Mercy Ditentukan Besok

Pengemudi Mercy lawan arah telah diperiksa polisi dengan status sebagai saksi. Polisi akan menentukan nasib pengemudi MSD ini pada Selasa (30/11) besok.

"Belum (pengemudi tersangka). Baru mau dijadwalkan gelar perkara besok," ungkap Argo.

Argo mengatakan hari ini pengemudi Mercy itu bakal diperiksa lagi di Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Pemeriksaan itu untuk merunutkan kronologi pengemudi melawan arah hingga menabrak dua mobil lainnya.

Selain itu, Argo mengatakan pihaknya juga telah menjadwalkan pemeriksaan ahli kejiwaan. Pemeriksaan ahli itu untuk memastikan kondisi MSD yang disebut keluarganya mengidap penyakit demensia.

"Kita juga ada pemeriksaan dari ahli kejiwaan atau psikiater dan penegasan untuk kondisi demensianya oleh dokter," ujar Argo.


(mei/mei)