Mendes ke Bupati Pesisir Selatan: Perhatikan Kerukunan Warga Transmigran

Inkana Putri - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 21:02 WIB
Mendes Minta Bupati Pesisir Selatan Kawal Penggunaan Dana Desa
Foto: Kemendes
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan kerja Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar.

Dalam pertemuannya, ia mengingatkan Rusma untuk menjaga kerukunan para warga transmigran di wilayahnya. Pasalnya, Kabupaten Pesisir Selatan menjadi salah satu kawasan transmigrasi di Sumatera Barat yang telah ada sejak tahun 1973. Adapun penduduknya mayoritas berasal dari Pulau Jawa dan berprofesi sebagai petani sawit.

"Mereka sudah bertahun-tahun menjadi warga di sana. Perhatikan kerukunan warga transmigran karena berlatar belakang budaya dan agama mereka berbeda-beda. Kerukunan merupakan salah satu kunci untuk maju dan sejahtera," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Selain itu, Halim juga meminta Rusma untuk mengawal penggunaan Dana Desa (DD) agar dana tersebut dimanfaatkan sesuai dengan Permendesa PDTT. Dengan demikian, dana tersebut dapat dirasakan oleh seluruh warga desa.

"Dana Desa itu memang dialokasikan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa tanpa kecuali," katanya.

Sementara itu, Rusma melaporkan hingga saat ini dana desa telah dimanfaatkan dengan baik dan tanpa kendala apa pun. Ia menyebut sebanyak 82 nagari atau desa di Kabupaten Pesisir Selatan telah memanfaatkan dana desa dengan maksimal.

"Semaksimal mungkin kita terus berupaya dimanfaatkan sesuai ketentuan dan peraturan," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan ini, Rusma juga membahas soal persiapan upacara puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) ke-71. Adapun acara tersebut akan digelar pada Minggu 12 Desember 2021 di halaman kantor Bupati Pesisir Selatan.

Dalam pertemuan ini, turut hadir mendampingi Halim antara lain, Sekretaris Jenderal Kemendesa PDTT, Taufik Madjid dan Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans), Rr. Aisyah Gamawati.

(fhs/ega)